BP Batam Bakal Bentuk Garda Percepatan Investasi
Oleh : Nando Sirait
Jum\'at | 15-02-2019 | 16:28 WIB
edy-kepala-bp1.jpg
Kepala BP Batam, Edy Putra Irawady. (Foto: Nando)

BATAMTODAY.COM, Batam - Badan Pengusahaan (BP) Batam akan memmbentuk beberapa garda untuk mengawal investasi di Batam guna meningkatkan pelayanan investasi. Sehingga ke depannya perekonomian Batam dapat tumbuh dengan baik dan berimbas kepada kesejahteraan masyarakat.

Kepala BP Batam, Edy Putra Irawady mencontohkan salah satu Garda yang akan dibentuk diantaranya adalah Garda Mangkrak. Dimana nantinya Garda ini akan berkewajiban mengawal segala investasi yang jalan ditempat (mangkrak).

Disisi lain, ia juga mengakui bahwa perlunya pembentukan Garda ini juga sebagai upaya membuat ribuan hektare lahan tidur, untuk segera diproduktifkan kembali terkait beberapa calon investor yang berencana masuk ke Batam.

"Lahan yang saya maksud adalah yang sudah ada izin tapi tak terwujud investasinya. Kemudian pengawalan operasional serta evaluasi. Yang pantas investasi ke depan apa. Ini yang menjadi konsen dialog yang dilakukan hari ini," ungkapnya, Jumat (15/2/2019).

Pada sesi dialog investasi, Edy juga menggambarkan investasi yang cocok untuk Batam ke depan, adalah harus bersifat substitusi impor, ekspor bernilai tinggi, kemudian bergerak di bidang jasa-jasa. Seperti logistik, pelayanan kesehatan, jasa pendidikan, dan jasa wisata.

"Kita senang investasi bernilai tambah tinggi banyak masuk saat ini, baik secara langsung maupun komitmen. Banyak komitmen untuk melakukan kegiatan investasi baru. Kita harus kawal ini," lanjutnya.

Saat ini menurutnya BP Batam harus berperan aktif dalam rangka melayani investasi ini. Upaya yang dilakukan untuk itu, yakni melakukan perbaikan pelayanan. Dimana belum lama ini, telah dibuat klinik berusaha di Mal Pelayanan Publik (MPP) Batam. Masyarakat bisa menyampaikan persoalannya di situ.

"Kita juga sudah melakukan perbaikan sistem. Sekarang, kita mendengarkan masalah investasi dari pelaku usaha. Karena sering terjadi persepsi antara regulasi dan implementasi," paparnya.

Dari dialog itu, Edy yang baru lebih kurang 1 bulan ini menjabat sebagai pimpinan BP Batam inipun, kini mengetahui permasalahan di lapangan yang terjadi dan dikeluhkan pelaku usaha di Batam.

Rencananya, Edy akan menggelar secara rutin dialog investasi ini ke depannya.

Editor: Yudha