Sambangi Teluk Air, Relawan ACT Silaturahim dengan Warga Hinterland
Oleh : Hendra
Minggu | 20-01-2019 | 15:32 WIB
act_batam.jpg
Tim relawan Aksi Cepat Tanggap (ACT) menyambangi Teluk Air untuk bersilaturahmi dengan masyarakat sekitar. (Foto: Hendra)

BATAMTODAY.COM, Batam - Hujan deras yang mengguyur Kota Batam pada Jumat (18/01/2019) pagi, tak menyurutkan langkah tim relawan Aksi Cepat Tanggap-Masyarakat Relawan Indonesia (ACT-MRI) untuk terus bergerilya menyambangi kawasan hinterland guna bersilaturahmi dengan masyarakat sekitar.

Menyambangi menyambangi kawasan hinterland dan bersilaturahmi dengan masyarakat sekitar, sudah menjadi kegiatan rutin dua pekanan tim relawan ACT-MRI dalam program 'Jumat Berkah Hinterland'.

Kegiatan rutin ini merupakan kolaborasi ACT dengan Yayasan Inayah Batam. "Sudah berjalan sejak pertengahan tahun 2018 lalu, hadir ke kawasan hinterland di sekitaran Pulau Batam setiap dua pekannya," ujar Ilham, staff Komunikasi ACT Kepri, Minggu (20/01/2019).

Kegiatan ACT ini tidak hanya di satu tempat, setiap dua pekan sekali mereka berpindah-pindah pulau membawa tambahan energi untuk masyarakat hinterland.

"Untuk pekan ke tiga di bulan Januari ini, kami berkesempatan menyambangi kampung Teluk Air, Kecamatan Bulang," lanjutnya.

Pada pukul 09.00 WIB pagi, mereka telah berangkat dari basecamp ACT di Sukajadi menuju pelabuhan kecil di Jembatan 2 Barelang. Menempuh jalan darat sekitaran 50 menit menuju pelabuhan, para relawan dengan ihklasnya menembus rintik-rintik kecil hujan hingga akhirnya berkumpul dengan rekan-rekan dari relawan Yayasan Inayah Batam di dermaga kecil itu.

Kemudian perjalanan mereka terus berlanjut menempuh jalur laut dengan jarak tempuh waktu kurang lebih 20 menit menggunakan perahu kecil.

Ilham mengatakan, setibanya di Teluk Air mereka disambut dengan baik oleh masyarakat sekitar. Ramah tamah yang menjadi ciri khas budaya timur tidak akan pernah memudar, apa lagi di dalam diri masyarakat pinggir kota besar atau pulau terluar (pedalaman).

Kegiatan pun dimulai, di awali dengan doa bersama di masjid Nurul Hasanah Teluk Air, kemudian berlanjut pada pengenalan lembaga serta kegiatan-kegiatan ACT yang disampaikan oleh Taufiq selaku relawan ACT-MRI Kepri.

Dan kegiatan akhirnya dilanjutkan dengan memberikan bantuan berupa perlengkapan beribadah untuk melengkapi kebutuhan masjid di kampung Teluk Air.

Dengan adanya silaturahmi dan bantuan itu, warga merasa sangat diperhatikan di tengah perjuangan hidup mereka sehari-hari yang mayoritasnya bekerja sebagai nelayan.

Editor: Surya