Gelombang Tinggi dan Angin Kencang, Kabupaten Anambas Berstatus Siaga Bencana
Oleh : Alfredy Silalahi
Jum\'at | 04-01-2019 | 12:52 WIB
posko-siaga-bencana1.jpg
Posko siaga bencana angin utara Kabupaten Anambas. (Foto: Alfredy)

BATAMTODAY.COM, Anambas - Abdul Haris menetapkan status siaga bencana di Kabupatem Anambas. Mengingat banyaknya masyarakat yang mengungsi di daerah pesisir, untuk menyelamatkan diri dari hempasan gelombang tinggi dan angin kencang.

"Tadi malam sudah kita tetapkan status Anambas Siaga Bencana. Karena sudah banyak warga yang mengungsi, seperti di Desa Sri Tanjung, Arung Ijau dan Jemaja," kata Abdul Haris, Jumat (4/1/2019).

Haris mengakui, saat ini Tim Terpadu Siaga Bencana telah standby di posko yang telah ditetapkan. Dan masyarakat diharapkan tetap waspada.

"Kami juga sudah perintahkan Dinas Sosial mendata warga yang mengungsi. Walaupun ke rumah saudara, kita harus tetap beri perhatian seperti kebutuhan sembako," ucapnya.

Di tempat terpisah, Kepala Dinas Sosial Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak dan Pemberdayaan Masyarakat Desa (Dinsos P3APMD), Ody Karyadi mengakui pihaknya sedang melakukan pendataan kepada warga yang mengungsi untuk menyalurkan bantuan sembako. "Kita sedang mendata," ucapnya.

Ody menerangkan, pihaknya telah siaga dan sudah mendirikan dapur umum di Posko Siaga Bencana, dan Tagana sudah stan by untuk melakukan evakuasi. "Semua pihak sudah siaga seiring dengan ditetapkannya status Anambas Siaga Bencana. Mudah-mudahan cuaca segera kondusif, sehingga tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan," harapnya.

Editor: Yudha