Cegah DBD, RBJ Gelar Fogging di Kampung Melayu Seipanas
Oleh : Hadli
Kamis | 03-01-2019 | 13:16 WIB
fogging-kp-melayu1.jpg
Fogging di Kampung Melayu Seipanas. (Foto: Hadli)

BATAMTODAY.COM, Batam - Remaja Bukit Jodoh (RBJ) menggelar fogging (pengasapan) di Kampung Melayu Seipanas, Kecamatan Batam Kota pada Selasa (1/1/2019) pagi.

Fogging dilaksanakan untuk mencegah penyebaran Demam Berdarah Dengeu (DBD). Karena sudah ada seorang warga yang terserang penyakit infensi menular yang disebabkan oleh virus dengue dari nyamuk Aedes aegypti.

"Kegiatan fogging dilaksanakan untuk mencegah penularan DBD. Baru-baru ini seorang warga kami juga terkena DBD," kata Ketua RBJ, Raja Zikrirullah, Kamis (3/1/2019).

Menurutnya, dengan melakukan fogging, dapat mencegah berkembang biak penyakit DBD. Selain itu diharapkan juga kepada masyarakat Kampung Melayu Seipanas untuk membuang air tadahan. Sebab, air tadahan hujan merupakan sarang dari virus nyamuk aedes aegypti itu sendiri.

"Fogging dilakukan di seluruh rumah warga Kampung Melayu Seipanas, terdiri dari 2 RW dan 8 RT," ujar pria yang disapa Eky kembali.

Fogging ini mendapat respons baik dari masyarakat dan berharap pemukiman warga Kampung Melayu Seipanas terbebas dari DBD.

"Alhamdulillah dengan adanya fogging ini dapat mencegah wabah DBD. Sebab, fogging dapat mencegah penyebaran jentik nyamuk penyebab DBD," kata Rosmili, salah seorang warga.

Selain di Seipanas, sejumlah pemukiman di Batam juga marak terjadi penyebaran DBD, seperti di Sagulung dan Batuaji.

Wali Kota Batam Muhammad Rudi juga telah mengeluarkan surat edaran nomor 800/322/P2P/DINKES/XII/2018 terkait Kewaspadaan Kejadian Luar Biasa (KLB) Demam Berdarah Dengue di Kota Batam pada 26 Desember 2018 lalu.

Editor: Yudha