Ini 5 Klinik Pusat Rehabilitasi yang Sudah Kerja Sama dengan BNNK Batam
Oleh : Hendra
Kamis | 27-12-2018 | 19:29 WIB
tes-urin-01.jpg
Petugas BNN Kota Batam saat melakukan tes urine di salah satu instansi. (Foto: Hendra)

BATAMTODAY.COM, Batam - Terhitung tahun ini, BNN Kota Batam telah menjalin kerja sama dengan lima klinik untuk pusat rehabilitasi.

"Hal ini dilakukan untuk memberantas peredaran narkoba di tingkat supply direction (arah pemasok)," jelas Abd Hasyim Panggabean, Kepala BNN Kota Batam, kepada BATAMTODAY.COM, Rabu (26/12/2018) pagi kemarin.

Pada kesempatan tersebut, Abd Hasyim juga mengimbau kepada penduduk Batam yang sudah terlanjur menjadi pecandu narkoba atau penyalah guna narkoba agar segera datang ke setiap klinik terdekat mendaftarkan diri untuk direhab.

"BNNK Batam telah malakukan kerja sama dengan 5 klinik swasta dan semua biaya akan ditanggung oleh negara sesuai dengan dana yang telah dianggarkan oleh BNN Kota Batam," ujarnya.

Abd Hasyim juga meminta ketersedian awak media untuk membantu mensosialisasikan perihal klinik rehabilitas tersebut demi menolong anak-anak dan generasi Indonesia agar jauh dari jerat narkotika dan obat-obatan terlarang lainnya.

"Protek kami kepada mereka (pecandu) ini, apabila dengan kesadaran sendiri datang demi kesembuhannya akan ketergantungan narkoba ini, kita jamin tidak akan diproses hukum. Itu guarantee (jaminan) dari kita," ujarnya lagi.

Untuk pecandu yang datang akan kesadarannya sendiri ke pusat rehabilitasi itu, Abd Hasyim mengatakan hal itu tentu berbeda dengan pecandu yang tercekena razia. "Namun jangan disamakan dengan terkena razia, karena itu beda," lanjutnya.

Dari data yang dijabarkan oleh Kepala BNNK Batam, untuk tahun 2018 ini mereka telah merehabilitasi 87 orang pecandu narkoba, dan pihaknya akan terus berupaya agar para pecandu terus datang dengan sendirinya atas kesadaran diri mereka masing-masing.

"Tahun ini kita sudah merehabilitasi 87 orang, dan kami akan berupaya terus agar para pencadu terus datang atas kesadaran mereka sendiri. Jangan malah takut datang kalau ingin disembuhkan. Tujuannya kan mulia. Dan, identitas akan kami rahasiakan. Kami pemerintah ingin memprotek mereka agar bisa sembuh," tegasnya.

Ia juga mencoba menjabarkan klinik mana saja yang telah melakukan kerja sama dengan pihak BNN Kota Batam, yakni:

1. Klinik BIP, Mukakuning,
2. Klinik Dunia Media Centre, Tanjunguncang,
3. Klinik Ulido Medical, Sagulung,
4. Klinik Global Medical Centre,
5. Klinik Health Care Centre, Nagoya.

Call centre: 0823 8908 7272

"Semua biaya pengobatan selama rehab gratis. Tanggung jawab kami (BNNK Batam) semua," pungkasnya.

Editor: Gokli