Mudik Natal, Polsek KKP SBP Perketat Pengawasan Barang Penumpang
Oleh : Roland Aritonang
Senin | 24-12-2018 | 15:16 WIB
kapolsek-kkp-sbp1.jpg
Kompol Zulkifli, Kapolsek KKP SBP Tanjungpinang. (Foto: Roland)

BATAMTODAY.COM, Tanjungpinang - Dalam rangka untuk mencegah masuknya penyelundupan barang-barang terlarang seperti narkoba dan lainnya, Kepolisian Keamanan Kawasan Pelabuhan (KKP) Sri Bintan Pura (SBP) perketat pengawasan seluruh penumpang.

Apalagi pada saat ini arus lalulintas penumpang di Pelabuhan SBP Tanjungpinang pada saat mudik natal dan tahun baru semakin dipadati penumpang. Sehingga dibutuhkan pengawasan yang ketat dari pihak kepolisian dan instansi terkait.

"Selain pengawasan dengan menggunakan mesin x-ray yang ada di pintu masuk, kami juga melakukan pengawasan barang-barang bawaan yang dicurigai," ujar Kompol Zulkifli, Kapolsek KKP SBP Tanjungpinang, Senin (24/12/2018).

Menurutnya bila ada yang mencurigakan akan dilakukan tindakan persuasif, dengan membawanya ke pos pengamanan dan akan segera ditindak sesuai hukum yang berlaku.

"Sebagaimana diketahui bahwa kami telah memiliki pos penjagaan di pelabuhan ini disebelah kantor pelindo jika memerlukan bantuan polisi bisa datang langsung tidak perlu jauh-jauh ke Polsek KKP," paparnya.

Sampai saat ini tidak ada barang-barang bawaan penumpang yang mencurigakan semuanya aman, hanya saja beberapa hari sebelumnya ditemukan barang milik penumpang yang ketinggalan dan belum diketahui siapa pemiliknya.

"Jika penumpang ada yang merasa kehilangan barang dapat mengambilnya di tempat Penitipan barang di pelabuhan ini," katanya.

Zulkifli mengimbau kepada penumpang apabila berangkat pastikan sudah memiliki tiket dari konter resmi, tidak melalui calo yang dapat merugikan penumpang.

"Pastikan barang bawaan sesuai kapasitas, tidak ada yang melanggar aturan dan tindak pidana," tutupnya.

Editor: Yudha