Pertambangan Bisa Merusak Lingkungan

Apri Ingatkan Camat di Bintan Hati-hati Keluarkan Rekomendasi
Oleh : Harjo
Selasa | 18-12-2018 | 19:52 WIB
apri-ingatkan-camat.jpg
Bupati Bintan, Apri Sujadi. (Ist)

BATAMTODAY.COM, Bintan - Bupati Apri Sujadi ternyata tidak setuju dengan adanya aktivitas pertambangan di Bintan yang bisa merusak lingkungan.

Sikap Apri Sujadi yang menolak adanya perusak lingkungan ditegaskan dengan mewanti-wanti para Camat di Bintan agar hati-hati dalam mengeluarkan rekomendasi, khususnya pertambangan. Sebab, semua kegiatan yang berbau pertambangan harus sesuai dengan peraturan dan Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW).

"Saya sudah tegaskan kepada para Camat di Bintan, untuk tidak mengeluarkan rekomendasi izin pertambangan, apabila memang bukan peruntukannya. Artinya semua harus sesuai dengan RTRW yang ada," tegas Apri, Selasa (18/12/2018).

Diakui Apri, Pemkab Bintan memang tidak memiliki otoritas untuk perizinan tambang. Namun, dia berharap, segala kegiatan tambang di Bintan dilaporkan ke Pemkab.

"Kita tidak pernah menerima pemberitahuan apapun secara resmi terkait data atau izin sejenisnya. Bisa saja, di lapangan seperti izin cut and fill dijadikan kamuflase untuk kegiatan pertambangan," akunya.

Apri mengakui sudah banyak menerima informasi terkait kegiatan tambang di Bintan. Namun sejauh ini, sejumlah kegiatan yang disampaikan masyarakat, pihak Pemkab Bintan, sama sekali belum merima surat atau pemberitahuan dari Pemprov Kepri yang memilki wewenang terkait perizinan tambang di Bintan.

"Saya sangat tidak setuju adanya perusakan lingkungan akibat kegiatan tambang. Kalau pun harus ada pertambangan, harus ada kajian terlebih dahulu terkait dampaknya," pungkasnya.

Editor: Gokli