KIP Pemkab Anambas Kurang Informatif di 2018
Oleh : Alfredy Silalahi
Kamis | 13-12-2018 | 15:16 WIB
ppid-anambas11.jpg
Rapat evaluasi PPID Pembantu Anambas di Aula Sekretariat Pemkab Anambas beberapa waktu lalu. (Foto: Alfredy)

BATAMTODAY.COM, Anambas - Keterbukaan informasi publik (KIP) Pemerintah Kabupaten Kepulauan Anambas menurun dari kualifikasi cukup informatif menjadi kurang informatif.

Penurunan kualifikasi tersebut diakui oleh Pegelola PPID Kabupaten Kepulauan Anambas, Richard usai menerima hasil rekapan penilaian dari Komisi Informasi (KI) Provinsi Kepri.

"Kalau tahun 2017 kita menempati posisi kedua tentang keterbukaan informasi publik yang diselenggarakan oleh Komisi Informasi Kepri kategori Kabupaten/Kota se-Provinsi Kepri. Tetapi tahun 2018 ini menurun menjadi peringkat kelima dengan kualifikasi kurang informatif," kata Richart, pengelola website Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) Anambas, Kamis (13/12/2018).

Pria yang menjabat Kepala Bidang Informatika dan Persandian Dinas Komunikasi Informatika dan Statistik (Kominfotik)? itu mengakui, penyebab utama turunnya keterbukaan informasi publik adalah target keterbukaan informasi publik 2018 tidak tercapai.

"Program keterbukaan belum mencakupi Desa, Sekolah, Rumah Sakit dan Perusahaan Daerah (Perusda). Sementara target 2017 kemarin, hal ini sudah terealisasi pada tahun 2018. Kendala utama sehingga target itu tidak tercapai adalah minimnya anggaran," jelasnya.

Penyebab lain, lanjut Richart, sejumlah PPID Pembantu yang berada di setiap Organisasi Perangkat Daerah (OPD) ?kurang menanggapi permintaan informasi yang diminta oleh masyarakat.

"Ini juga bisa menjadi penyebab turunnya keterbukaan informasi publik di Lingkungan Pemkab Anambas. Mudah-mudahan, tahun 2019 mendatang keterbukaan informasi publik Anambas bisa naik lagi menuju posisi 3 besar se-Kepri. Karena tahun depan kita mulai menyasar desa-desa, sekolah maupun rumah sakit untuk melampirkan informasi di website PPID," ucapnya.

Editor: Yudha