Ribuan Warga Padati Jembatan I Dompak Hadiri Peresmian Kawasan Car Free Day
Oleh : Ismail
Minggu | 18-11-2018 | 16:32 WIB
CFD_dompak_jembatan.jpg
Ribuan warga dari Tanjungpinang dan Bintan padati Jembatan I Dompak setelah ditetapkan sebagai kawasan Car Free Day (Foto: Ismail)

BATAMTODAY.COM, Tanjungpinang - Gubernur Kepri H. Nurdin Basirun me-launching Jembatan I Dompak sebagai salah satu kawasan bebas kendaraan bermotor atau car free day (CFD), Minggu (18/11/2018) pagi. Launching kawasan CFD ini berlangsung cukup meriah.

Ribuan warga Tanjungpinang dan Bintan memadati kawasan Jembatan I Dompak. Peluncuran kawasan Car Free Day ini diramaikan beragam kegiatan olahraga.

Dalam sambutannya, Nurdin Basirun menyampaikan, melihat partisipasi masyarakat pada kegiatan tersebut, maka dapat disimpulkan warga Kepri masih sangat peduli terhadap olahraga dan kesehatan.

Meski dilanda hujan yang cukup deras, namun tak menyurutkan minat masyarakat untuk hadir dalam sejumlah kegiatan berolahraga di Jembatan I Dompak.

"Inilah tanda masyarakat Kepri masih sangat peduli dengan olahraga. Walaupun hujan tetap semangat," ujarnya.

Menurut Gubernur, menjadikan kawasan Jembatan I sebagai kawasan CFD setiap hari Minggu pagi merupakan terobosan yang sangat bagus. Disamping memanfaatkan infrastruktur yang dibangun pemerintah sebagai sarana berkumpul masyarakat untuk berolahraga.

Hal ini secara tidak langsung akan meningkatkan perekonomian di kawasan sekitar jembatan setiap pekannya.

Dimana, dengan adanya keramaian maka masyarakat juga dapat memanfaatkannya sebagai sarana untuk berjualan. "Dengan demikian, geliat ekonomi masyarakat di kawasan ini juga semakin bergairah," kata Nurdin.

Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Provinsi Kepri, Maifrizon, mengungkapkan, setelah resmi menjadi salah satu lokasi CFD, secara rutin tiap Minggu pagi mulai pukul 6-8 kawasan Jembatan I Dompak bebas dari kendaraan bermotor.

Diharapkan, dengan dijadikannya kawasan tersebut menjadi salah satu lokasi CFD dapat meningkatkan minat masyarakat untuk berolahraga. "Mudah-mudahan ini dapat bermanfaat positif bagi masyarakat," harapnya.

Selain itu, lanjut Maifrizon, dirinya juga mengucapkan terimakasih kepada seluruh lapisan masyarakat yang telah berpatisipasi dalam kegiatan tersebut. Tanpa dukungan dari masyarakat dan pihak-pihak terkait kegiatan peresmian Jembatan I Dompak tidak terealisasi begitu meriah.

"Terimakasih banyak buat masyarakat dan pihak-pihak terkait lainnya yang mendukung jalannya kegiatan ini sampai selesai," ucap Maifrizon.

Dalam kegiatan pembukaan tersebut dimeriahkan dengan jalan santai, senam sehat, sepeda santai, dan kegiatan lainnya. Selain berolahraga bersama pada acara launching CFD di Jembatan I Dompak juga dibarengi dengan pembagian hadiah doorprize. Mulai dari, sepeda motor, sepeda, hingga barang elektronik lainnya.

Editor: Surya