Didesak DPRD, Gubernur Bakal Panggil Kembali Direksi BUP
Oleh : Ismail
Rabu | 14-11-2018 | 18:40 WIB
panggil-bup.jpg
Gubernur Kepri, H Nurdin Basirun. (Dok Batamtoday.com)

BATAMTODAY.COM, Tanjungpinang - Gubernur Kepulauan Riau, H Nurdin Basirun mengakui selama ini dirinya kurang tegas terhadap Direksi Badan Usaha Pelabuhan (BUP) PT Pelabuhan Kepri. Sehingga, keberadaan BUP setelah pengurusan direksi baru sejak 7 bulan lalu sampai sekarang belum menampakkan hasil.

Padahal, potensi yang bisa digarap oleh BUP cukup banyak dan besar. Namun, nyatanya hingga kini BUP PT Pelabuhan Kepri melalui direksi yang baru dilantik April 2018 lalu, masih belum menampakkan kinerja nyata.

Oleh sebab itu, dalam waktu dekat Gubernur Kepri akan kembali memanggil ketiga Direksi BUP PT Pelabuhan Kepri guna menanyakan sekaligus mengevaluasi kinerja selama menjabat sebagai direksi.

"Terus terang saja saya dikejar terus oleh DPRD mengenai BUP ini. Karena, sampai saat ini belum ada hasil," aku Nurdin, Rabu (14/11/2018).

Gubernur menyebut, sebagai badan usaha milik pemerintah yang seluruh penyertaan modalnya dialokasikan melalui APBD, PT Pelabuhan Kepri harus memiliki arah tujuan yang jelas.

Di samping wajib menghasilkan pendapatan bagi kas daerah, direksi-nya pun seharusnya memiliki integritas sehingga memiliki tanggung jawab penuh atas peluang usaha yang hasilnya digunakan untuk pembangunan daerah, bukan untuk kepentingan pribadi atau bahkan memperkaya diri masing-masing.

"Yang pasti saya harus tegas atas masalah ini. Masa aset serta potensi kita yang sudah ada ini tidak bisa dikembangkan menjadi pendapatan," ungkapnya lagi.

Sementara itu, Kepala Biro Ekonomi Provinsi Kepri, Herry Andrianto menyampaikan, salah satu masalah yang ada di BUP adalah tidak akurnya antara ketiga direksi tersebut. Yakni, Kapten Darmansyah, Kapten Rio Onasis dan Widrasto Dwi Guntoro.

Perselisihan tersebut tentu saja memengaruhi kinerja PT Pelabuhan Kepri yang akibatnya belum memperoleh hasil apa-apa selang 7 bulan dilantik.

Untuk mengatasi permasalahan tersebut, bahkan beberapa waktu lalu Gubernur dan Dishub Kepri sudah memanggil ketiganya agar dapat bekerjasama secara profesional. Namun, hingga kini belum juga dapat bekerja secara optimal.

"Dari Dishub dan Pak Gubernur sudah memanggil mereka. Namun, sampai saat ini belum ada tampak juga kinerjanya. Biasalah orang kalau ingin bekerjasama pasti ada ketidakcocokan," tukas Herry.

Editor: Gokli