Jalan Keropos dan Hampir Roboh

DPUPR Anambas Alokasikan Anggaran Rp250 Juta Perbaikan Jalan Ahmat Yani Laut
Oleh : Alfredy Silalahi
Rabu | 24-10-2018 | 15:40 WIB
kadis-pupr-tinjau-jalan.jpg
Plt Kepala Dinas PUPR Anambas, Khairul Anwar melihat kondisi Jl Amat Yani Laut yang hampir roboh. (Foto: Alfredy)

BATAMTODAY.COM, Anambas - Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Kabupaten Kepulauan Anambas alokasikan anggaran sekitar Rp250 juta untuk pemeliharaan Jalan Ahmat Yani Laut sepanjang 21 meter. Pasalnya, kondisi jalan yang dibangun pada tahun 2001 itu sudah mulai keropos dan hampir roboh.

"Ini merupakan jalan penghubung bagi masyarakat Tanjung yang dibangun pada tahun 2001 lalu. Dan kondisinya sudah mulai keropos, dan terancam ambles. Mencegah terjadinya ambles, kita perbaiki terlebih dahulu dengan bertahap. Untuk tahun 2018 ini, kita prioritaskan memperbaiki jalan sepanjang 21 meter," ujar Pelaksana Tugas (Plt) Kadis PUPR Anambas, Khairul Anwar, Rabu (24/10/2018).

Khairul mengakui, bagian jalan yang parah yakni lantai dan balok, sementara tiang penyangga masih utuh. Pihaknya juga sebelumnya, telah melakukan survei dan pengukuran jalan untuk memperhitungkan biaya perbaikan.

"Jalan sepanjang 21 meter ini butuh anggaran sekitar Rp 250 juta. Nantinya ini dilaksanakan dengan swakelola masyarakat. Dan anggarannya kita alokasikan dari biaya pemeliharaan," ucapnya.

Khairul menyinggung, tahun 2019 Dinas PUPR akan mengalokasikan anggaran untuk memperbaiki Jl Ahmat Yani Laut sepanjang 575 meter.

"Jalan sepanjang 575 meter itu sudah butuh perbaikan lantai dan balok, karena bagian itu aja yang paling sering rusak. Kalau tiang masih utuh, meski dibangun pada tahun 2001. Kalau perhitungan awal, butuh anggaran sekitar Rp 6,9 miliar untuk memperbaiki jalan sepanjang itu," terangnya.

Editor: Yudha