Pengendara Resah, Ternak Sapi Masih Saja Berkeliaran di Jalan Kota Daik
Oleh : Bayu Yiyandi
Senin | 22-10-2018 | 13:40 WIB
sapi11.jpg
Sapi berkeliaran di jalan raya Daik Lingga. (Foto: Bayu)

BATAMTODAY.COM, Daiklingga - Pengendara yang melintasi jalan di Daik Lingga kian resah dengan keberadaan hewan ternak sapi yang bebas berkeliaran tanpa adanya pengawasan dari pemiliknya.

Pantauan di lapangan, hewan ternak sapi berkeliaran bebas melintasi salah satu jalan yang sering dilalui pengendara dan memakan sejumlah tumbuhan pekarangan dari rumah warga setempat. Bahkan si pengendara terlihat hampir menabrak hewan tersebut.

"Untung cepat saya tekan rem tadi, kalau tidak tak tau lah ape yang terjadi," kata pengendara yang hampir menabrak ternak itu kepada BATAMTODAY.com, Senin (22/10/2018).

Sementara, salah seorang warga Daik, Rian bercerita, permasalahan ternak ini memang sudah menjadi keluhan sebelumnya. Akibat berkeliar bebas, salah satu warga setempat meninggal dunia karena tertabrak.

"Ada yang meninggal dulu karena menambrak lembu," kata Rian.

Menurut Rian, seharusnya pemilik ternak mengkadangkan hewan ternak miliknya. Pemerintah juga harus mengambil tindakan agar kejadian yang tidak diinginkan terulang lagi.

"Jujur saya sendiri kecewa dengan kinerja pemerintah kita dalam hal ini Satpol PP yang tidak melakukan tugasnya sebagai penegak Perda. Untuk masalah lembu ini kan sudah ada Perdanya, kalau tak salah Perda Nomor 26 tahun 2011 tentang Ketertiban, Kebersihan dan Keindahan Lingkungan," jelas Rian.

Ia berharap tidak hanya Satpol PP, pihak kelurahan juga secepatnya mengatasi permasalahan ini.

"Berkali-kali masalah ternak disampaikan kemarin. Sampai saat ini tak ada satupun tindakan, kita benar-benar kecewa," timpal Rian.

Editor: Yudha