Genap Usia ke-14, DPD RI Terus Perjuangkan Aspirasi Daerah
Oleh : Irawan
Selasa | 02-10-2018 | 09:16 WIB
oso_14tahun_dpd.jpg
Ketua DPD RI Oesman Sapta Odang diperingatan HUT DPD RI ke-14 di Jakarta

BATAMTODAY.COM, Jakarta - Di Hari Kesaktian Pancasila ini, DPD RI merayakan ulang tahunnya yang ke-14. Secara alamiah, 14 tahun berlalu DPD RI telah mengartikulasikan dan memperjuangkan aspirasi masyarakat di daerah-daerah di nusantara ini.

Di awal sambutan acara ulang tahun DPD RI, Ketua DPD RI Oesman Sapta mengajak semua yang hadir untuk menundukkan kepala sejenak mendoakan korban bencana di Palu dan Donggala, Sulawesi Tengah.

Memasuki usia ke-14, Oesman sapta menyadari bahwa banyak aspirasi masyarakat yang masih perlu diperjuangkan lagi untuk meningkatkan taraf hidup rakyat dalam era demokrasi di tengah globalisasi saat ini.

"Dimana tuntutan masyarakat pun semakin tinggi, karena bangsa kita semakin maju dalam berbagai aspek kehidupan," ucapnya saat sambutan HUT DPD RI ke-14 di Nusantara IV Komplek Parlemen, Jakarta, Senin (1/10/2018).

Dalam konteks tersebut, Senator asal Kalimantan Barat itu menambahkan maka UU No. 2 Tahun 2018 Tentang Perubahan Kedua atas UU MD3, telah memberikan mandat dan tugas kepada DPD RI untuk melakukan pemantauan dan evaluasi atas rancangan Peraturan Daerah dan implementasinya.

"Dengan kewenangan baru ini, DPD RI dapat menjembatani kepentingan daerah dan pusat secara lebih baik lagi. Khususnya dalam melakukan pemantauan dan evaluasi atas rancangan Perda di semua daerah," tegas Oesman Sapta.

Sejak kelahirannya, DPD RI telah mengartikulasikan kepentingan daerah melalui usulan untuk 87 RUU, 256 pandangan dan pendapat, 80 pertimbangan, 9 RUU dalam Prolegnas, dan 11 rekomendasi yang menyangkut kepentingan daerah.

"Harapan kami ke depan, DPD RI akan terus bisa bekerjasama dengan Pemerintah Pusat, jajaran Pemerintah Daerah, dan segenap organisasi komponen bangsa, agar tujuan mulia kita untuk meningkatkan kesejahteraan rakyat di semua daerah di Indonesia dapat dicapai," ujar Ketua DPD RI ini.

Sementara itu, Wakil Presiden Jusuf Kalla dalam pidatonya bahwa ulang tahun DPD RI yang ke-14 ini merupakan suatu proses kebangsaan. DPD RI selama ini telah fokus terhadap kepentingan daerah. "Ini merupakan bagian yang sangat penting bagi bangsa," jelas dia.

Ia juga menilai bahwa DPD RI sangat dibutuhkan baik ide dan harapan bagi daerah. Artinya DPD sangat penting untuk memberikan keadilan bagi seluruh bangsa.

"Walaupun DPD RI belum maksimal namun perannya harus kita apresiasi," harap Jusuf Kalla.

Editor: Surya