Disparbud Anambas Optimis Festival Moon Cake Ramai Pengunjung
Oleh : Alfredy Silalahi
Jum\'at | 21-09-2018 | 15:04 WIB
moon-cake-anambas1.jpg
Festival Moon Cake Anambas. (Foto: Istimewa)

BATAMTODAY.COM, Anambas - Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Kabupaten Kepulauan Anambas optimis perayaan Moon Cake Festival ramai dihadiri masyarakat. Selain pertunjukan budaya Tionghoa, festival tersebut juga menyajikan berbagai jenis kuliner.

"Untuk bintang tamu, kita datangkan salah satu artis nasional Tionghoa. Artis ini sangat banyak peminatnya, apalagi festival Moon Cake diselenggarakan serentak di seluruh dunia tanggal 24 September. Namun, kita menyesuaikan waktu, untuk penyelenggaran festival ini dipercepat pada tanggal 22 September 2018 malam," kata Kadisparbud Anambas, Masykur, Jumat (21/9/2018).

Masykur menguraikan, saat ini proses persiapan sedang berjalan, baik panggung, stan, listrik dan lighting.

"Kita akan persiapkan seluruhnya dengan matang. Karena ini agenda tahunan atau budaya saudara-saudara kita dari Tionghoa. Bahkan, peranakan Tionghoa di seluruh Anambas ini akan datang ke Tarempa, Siantan," jelasnya.

Masykur mengatakan, makanan kuliner besar, jajanan pasar, minuman ala peranakan Tionghoa yang disajikan yakni koipeng (nasi ayam), mie siam, yu peng (nasi minyak), rujak kaleng, kwetiau sagu, ngohiang, kue bulan, kue bakpau dan minumannya ada tau hoi, air tahu, chenteng, cincau dan delima.

"Hasil kordinasi kita dengan peranakan Tionghoa di Anambas, makanan itu merupakan makanan khas yang disajikan pada festival Moon Cake. Dan itu mereka semua yang mempersiapkan," ucap Masykur.

Sejatinya Moon Cake Festival dilaksanakan serentak di seluruh dunia pada tanggal 24 September 2018 mendatang, sesuai perhitungan kalender China perayaan puncak Moon Cake pada 1 malam saat bulan purnama atau tanggal 15 penanggalan China bulan purnama. "Kita percepat untuk menyesuaikan waktu," ujarnya.

Editor: Yudha