Kepiting Bangkang Warung Seafood Budhe, Miliki Kenikmatan Tersendiri.
Oleh : Redaksi
Rabu | 29-08-2018 | 08:28 WIB
kepiting_bangkang.jpg
Kepiting Bangkang Warung Seafood Budhe (Foto: Nuraini Amaninah)

BATAMTODAY.COM, Batam - Warung Seafood Budhe, memberikan menu makanan yang diolah dari berbagai seafood, salah satunya adalah kepiting, sungguh nikmat rasanya. Kepiting yang nikmat diolah adalah kepiting spesial dari bangkang.

"Kepiting bangkang itu dagingnya lebih banyak dibandingkan dengan kepiting ranjungan pada umumnya, Apalagi saat digoreng, maka dagingnya masih terasa lembut," kata Lucky, chef Warung Seafood Budhe. Pada Selasa (28/8/2018).

Kepiting Bangkang nikmat dengan Saus Budhe yang terasa gurih dan manis, ini, berasal dari salah satu rumah makan di Surabaya, tepatnya di rumah makan Makmur Jaya, Jalan Darmo, Surabaya, Jawa Timur..

"Saus budhe itu dari bumbu bawang merah, bawang putih. Ditambah sama kecap. Jadi terasa manis dan gurih," katanya di Komplek Ruko Seraya Mas Blok E No.3 Batam

Selain bumbu yang akan membuat kepiting terasa nikmat, kepiting juga harus diolah dengan benar agar hilang bau amis pada kepitingnya. Lucky mengatakan bahwa di Jawa, bau amis bisa dihilangkan dengan jahe dan daun jeruk.

"Jadi bersihkannya dua kali, setelah dicuci bersih. Bersihkan lagi untuk hilangkan lumpurnya. Setelah itu direbus sebentar sampai sampai setengah masak. Baru digoreng, baru dibumbui," ujarnya.

Bumbu budhe terasa nikmat dengan rasa gurih serta manisnya. Untuk penikmat pedas, bisa ditambah dengan sambal dari cabai setan. Jadi akan terasa pedas dan manis pula.

Untuk harga menu Kepiting Bangkang ini dibandrol dengan harga yang fantastis dan terjangkau di kalangan mana saja sebesar Rp100 ribuan.

Selain itu Warung Seafood Budhe, menyediakan berbahai macam memu seafood lainnya yang bisa dicicipi oleh customer dan memiliki kesan dan rasa tersendiri di lidah setiap yang menikmatinya.

Cara Pembuatan:

1. Bersihkan kepiting terlebih dahulu

2. Rebus kepiting hingga setengah matang bersama daun jeruk dan sedikit jahe

3. Goreng kepiting hingga matang

4. Haluskan bawang merah, bawang putih, cabai setan sesuai selera

5. Tumis bumbu halus, masukan kecap. Garam, penyedap rasa, dan gula. Masak hingga matang

7. Masukan kepiting yang sudah digoreng dalam bumbu. Aduk rata

8. Iris kasar daun jeruk

9. Hidangkan kepiting bumbu budhe bersama irisan daun jeruk.

Editor: Surya