SMAN 4 Siap Dukung Perda Disabilitas Kota Tanjungpinang
Oleh : Habibi
Kamis | 23-08-2018 | 12:52 WIB
kepsek-sman4-tpi1.jpg
Kepala Sekolah SMA Negeri 4 Tanjungpinang, Darson. (Foto: Habibi)

BATAMTODAY.COM, Tanjungpinang - Sekolah Menengah Atas Negeri (SMAN) 4 Tanjugpinang sangat mendukung Perda Disabilitas dan siap mengimpelentasikannya.

Kepala SMA Negeri 4 Tanjungpinang, Darson mengaku siap jika memang perda itu telah ada. Sekolah juga siap mengimplementasikan Perda tersebut.

"Namun, tetap kita hanya fasilitasi saja. Sementara yang memiliki kuasa serta membangun sarana dan prasarana adalah pemerintah dan dinas pendidikan," kata Darson, Kamis (23/8/2018).

Menurutnya, selama ini pemerintah telah terbuka dengan anak disabilitas dengan golongan tertentu. Namun, jika memang telah ada perda tersebut, diharapkan dapat lebih siginifikan.

"Sama-sama kita ketahui, disabilitas membutuhkan sarana dan prasarana khusus juga. Guru juga harus khusus. Kita menyerahkan sepenuhnya kepada pemerintah, jika kita diperintahkan untuk buat pasti akan kita buat," ungkapnya.

Ia menambahkan, diperlukan sinergi antara pemerintah setempat dan dinas pendidikan. Sarana belajar guru dan fasilitas lain harus benar-benar diperhatikan. Tergantung kerjasama pemerintah setempat dan pemerintah provinsi.

"Ini juga pesan Undang-undang, bahwa dalam dunia pendidikan semua sama, tidak ada perbedaan," tutur mantan Kepala SMA Negeri 3 Tanjungpinang ini.

Darson mengatakan, hal ini butuh sinergitas antara pemerintah daerah dan pemerintah provinsi. Pasalnya saat ini SAM berada dibawah naungan Provinsi, walaupun berada di wilayah Tanjungpinang.

"Kita di Tanjungpinang, tentu harus jalankan perintah Perda di wilayah ini. Makanya butuh sinergitas antara kedua Pemerintah ini," tutur Darson.

Editor: Yudha