Pemko Tanjungpinang Gandeng Swasta untuk Berqurban
Oleh : Habibi Khasim
Senin | 30-07-2018 | 18:52 WIB
kabag-kesera-tpi.jpg
Kabag Kesra Sekretariat Daerah Kota Tanjungpinang, Riwayat. (Foto: Habibi Khasim)

BATAMTODAY.COM, Tanjungpinang - Pemerintah Kota Tanjungpinang telah mengedarkan pengumuman tentang pengumpulan hewan qurban ke organisasi perangkat daerah (OPD) se-Kota Tanjungpinang. Namun, tidak hanya kepada OPD, Pemko juga mengedarkan surat ajakan kepada pihak perbankan, BUMN dan pihak swasta untuk berqurban melalui Pemko Tanjungpinang.

Kepala Bagian (Kabag) Kesejahteraan Rakyat (Kesra) Sekretariat Daerah Kota Tanjungpinang, Riwayat mengatakan, ajakan ini telah diedarkan kepada pihak perbankan, BUMN, dan pihak swasta. Yang memiliki niat untuk berqurban, Pemko Tanjungpinang siap memfasilitasi dan membantu untuk membagikan hewan qurban kepada masyarakat.

"Kalau di Pemko (Tanjungpinang), OPD itu satu ekor sapi jumlah yang patungan 7 orang. Namun, pihak swasta tergantung, yang jelas kita menerima jika memang tujuannya ingin menyalurkan kepada masyarakat," kata Riwayat, Senin (30/7/2018).

Riwayat mengatakan, untuk hewan qurban tidak ada target jumlah. Hanya saja, Pihaknya mengharap yang berqurban banyak dan hewan yang dikurbankan juga banyak. Pasalnya, jumlah masjid dan surau di Tanjungpinang pun banyak.

"Tetapi walaupun surau dan masjid banyak, kita tetap musyawarah dengan pihak yang ingin berqurban. Mungkin dia sudah punya masjid yang ingin dititipkan sapinya. Teknisnya seperti itulah masalah pembagiannya," kata Riwayat.

Sementara itu, bagi pihak masjid atau surau yang ingin meminta bantuan hewan qurban, Riwayat mengatakan dapat mengusulkan surat permohonan yang ditujukan ke Wali Kota Tanjungpinang.

"Nanti surat permohonan itu akan kita seleksi. Jika ternyata di masjid itu sudah banyak hewan qurban, maka kita salurkan ke tempat lain," kata Riwayat.

"Catatan juga, kepada pihak masjid dan surau, kita tidak bisa menjanjikan pasti dapat. Tergantung jumlah hewan qurban yang terkumpul," tambahnya.

Editor: Gokli