Digelar September Mendatang, Lingga Jadi Tuan Rumah Hari Kelapa Sedunia
Oleh : Bayu Yiyandi
Jumat | 27-07-2018 | 18:28 WIB
kelapa-day.jpg
Hari Kelapa Dunia atau World Coconut Day.

BATAMTODAY.COM, Daiklingga - Pemerintah Kabupaten Lingga akan menjadi tuan rumah perayaan Hari Kelapa Dunia atau World Coconut Day yang dilaksanakan pada 2-5 September 2018 mendatang.

Selain itu, Lingga juga menjadi tempat Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Kelapa Sedunia yang akan diikuti oleh 18 negara.

Hal ini disampaikan oleh Bupati Lingga Alias Wello belum lama ini. Ia mengatakan kedua kegiatan yang bertaraf internasional tersebut rencananya nanti dibuka langsung oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan akan dipusatkan di Dabo Singkep, Kecamatan Singkep.

"Insyaallah kita akan menjadi tuan rumah dalam kegiatan ini. Ini merupakan sesuatu yang luar biasa. Sejumlah agenda kegiatan juga telah disusun terkait KTT ini. Antara lain, pentas seni budaya, pameran, seminar, dan temu bisnis. Kemudian, field trip, lomba karya inovasi teknologi mesin pengolahan kelapa, dan suguhan berbagai jenis kuliner berbahan dasar kelapa," kata dia.

Keputusan Lingga akan menjadi tuan rumah dari KTT dunia penghasil kelapa serta perayaan hari kelapa dunia, sesuai keputusan dari pertemuan di Gorontalo beberapa waktu lalu dengan seluruh kabupaten/kota penghasil kelapa di Indonesia.

Menurut Alias Wello, Pemerintah Kabupaten Lingga nantinya juga akan mengundang ratusan Bupati anggota Koalisi Kabupaten Penghasil Kelapa (Kopek) dan ratusan pengusaha kelapa nasional dan internasional.

"Kita juga menargetkan pemecahan dua rekor Muri sekaligus, yakni meminum 11.000 butir air kelapa secara serentak. Kemudian, pembuatan sofa sabut kelapa sepanjang 50 Meter," ujar Alias Wello yang saat ini sudah mencalonkan diri untuk ikut pemilihan anggota DPD RI pada Pemilu 2019 mendatang.

Ia berharap, kepada masyarakat Kabupaten Lingga khususnya dapat mendukung kegiatan ini agar pelaksanaannya bisa berjalan dengan lancar. Mengingat keterbatasan-keterbasan yang dimiliki Lingga saat ini perlu adanya dukungan dari semua kalangan.

"Saya harap semua pihak mendukunglah kegiatan ini nanti," tutur Alias Wello.

Editor: Gokli