Tidak Lapor Konsumsi Obat Kesehatan

Positif Narkoba, Pilot Citilink Berdalih Konsumsi Obat Batuk
Oleh : Hadli
Jum\'at | 22-12-2017 | 13:50 WIB
periksa-maskapai2.jpg
Unsur FKPD Kepri saat meninjau kesiapan operasi lilin seligi 2017 dan tes urin pilot maskapai di Bandara Hang Nadim, Batam. (Foto: Hadli)

BATAMTODAY.COM, Batam - General Manager Umum Bandara Hang Nadim Batam, Suwaro mengatakan, sesuai prosedur pilot yang sedang konsumsi obat kesehatan harus melapor sebelum pesawat diterbangkan.

"Dia (Kristianto) tidak ada melapor kalau sedang sakit dan mengkonsumsi obat batuk. Pada saat dilakukan pemeriksaan urine pesawat dalam keadaan standby menunggu jam terbang ke Kualanamu," ujarnya.

Prosedur yang berlaku, tambah Suwarso, setelah pilot melapor dalam kondisi tidak sehat, akan disiapkan kabin khusus istirahat minimal selama 2 jam. "Makanya sering terjadi delay salah satu penyebabnya itu, pilot dalam kondisi istirahat. Untuk kasus ini tidak ada laporan," jelasnya.

Terindikasinya pilot Citilink menggunakan narkoba berdasarkan hasil urine saat dilakukan pengecekan persiapan Operasi Lilin Seligi 2017. Tes urine kepada pilot Kristianto dilakukan sampai dua kali. Hasilnya tetap positif.

"Sementara dalam pemeriksaan lanjutan dan akan dilakukan tes darah," kata Kapolda Kepri Irjen Pol Didid Wijanardi.

Editor: Yudha