Kapolda dan Gubernur Kepri Tinjau Kesiapan Operasi Lilis Seligi 2017

Hasil Tes Urin di Bandara Hang Nadim, Seorang Pilot Citilink Positif Narkoba
Oleh : Hadli
Jum\'at | 22-12-2017 | 12:50 WIB
periksa-maskapai.jpg
Unsur FKPD Kepri saat meninjau kesiapan operasi lilin seligi 2017 dan tes urin pilot maskapai di Bandara Hang Nadim, Batam. (Foto: Hadli)

BATAMTODAY.COM, Batam - Kapolda Kepri Irjen Pol Didid Wijanardi bersama Gubernur Kepri melakukan pengecekan persiapan pengamanan operasi lilin seligi 2017 di Bandara Hang Nadim Batam.

Didampingi General Manager Umum Bandara Hang Nadim, Suwarso beserta PJU Polda Kepri, pemeriksaan berawal dari Pos Pam dekat pintu keberangkatan yang dilajuti di ruang chek-in.

Selanjutnya, dilanjutnya dengan pemeriksaan kesehatan pada pilot dan kru Citilink, Lion di tas pesawat. Tes urine yang dilakukan mendapati satu orang pilot dari maskapai Citilink positif.

Sang pilot Kristianto sampai dua kali dilakukan tes urine. Hasilnya masih tetap positif. Ia mengaku dalam kondisi tidak sehat baru memakan obat batuk.

"Kita dalami, dia sebagai pemakai atau apa karena masih indikasi. Tidak ada yang salah (alat tes urine) kami sudah lakukan pembanding. Untuk itu akan dilakukan lagi tes darah," kata jendral bintang dua ini, Jumat (22/12/2017).

Kapolda mengatakan, kemungkinan besar, pesawat Citilink tujuan Kualanamu, tidak diizinkan terbang untuk sementara waktu. "Saya rasa untuk sementara tidak bisa terbang," tambah Didid.

Kapten Kristianto langsung digiring ke Polsek Kawasan Bandara Hang Nadim untuk dilakukan pendalaman oleh tim Dokkes Polda Kepri dan penyidik.

General Manager Umum Bandara Hang Nadim Batam, Suwarso mengatakan sangat mendukung upaya yang dilakukan jajaran Polda Kepri. Untuk itu, tambah dia, pihak bandara akan memfasilitasi karena menyangkut keselamatan penumpang.

"Keselamatan penumpang sangat penting. Untuk itu kita mendung dan memfasilitasi kegiatan ini dan selanjutnya akan kita laporkan perkembangan proses penyidikan yang dilakukan pihak kepolisian," papar dia.

Editor: Gokli