Ini Sejumlah Kasus Kriminal di Batam yang Belum Terungkap
Oleh : Romi Chandra
Jumat | 22-12-2017 | 11:14 WIB
Deli-Cinta-Derrel-Sihombing-99.jpg
Deli Cinta Derrel Sihombing ditemukan warga dalam kondisi tertelungkup di tempat tidur dengan kondisi tangan terikat ke belakang. Pada saat itu Deli menggunakan baju kaos warna hitam tanpa menggunakan celana. (Sumber foto: fb)

BATAMTODAY.COM, Batam - Kasus-kasus besar terjadi dalam kurun dua bulan belakangan di Batam. Namun, upaya untuk melakukan pengungkapan nyaris tidak terdengar dari pihak kepolisian, dalam hal ini Polresta Barelang bersama Polsek jajarannya.

Bahkan, berdasarkan data BATAMTODAY.COM, satu kasus besar baru saja terjadi di kawasan Tanjunguncang, dan menambah deretan kasus yang belum terungkap, yakni pembunuhan terhadap Deli Cinta Derrel Sihombing ditemukan tewas secara tidak wajar dalam kondisi tangan terikat ke belakang di kediamannya, Perumahan Central Raya, Blok EE nomor 12, Kelurahan Tanjunguncang, Kecamatan Batuaji, Kamis (21/12/2017) kemarin.

Sebelumnya juga terjadi kebarakan rumah di kawasan Tanjungbuntung, tempat di mana terjadinya bentrok antara warga, Kamis (07/12/2017) lalu. Akibat bentrok tersebut, satu orang warga terluka hingga dilarikan ke rumah sakit setelah terkena bacok di bagian kaki.

Jika diungkit terus ke belakang, masih banyak kasus yang belum terungkap, termasuk kaburnya seorang terduga pelaku pencurian dari ruang penyidik Satreskrim Polresta Barelang.

Aksi kejahatan jalanan, seperti begal, pencurian bermodus pecah kaca serta pencurian kendaraan bermotor (curanmor) tentunya masih kerap terjadi. Apalagi, kebutuhan yang semakin meningkat menjelang perayaan Natal dan Tahun Baru.

Salah satu kasusnya, yakni pencurian bermodus pecah kaca yang terjadi di sekitaran Bundaran Laluan Madani. Uang senilai Rp300 juga nyaris berhasil dibawa kabur pelaku.

Pelaku, juga sengaja datang ke Batam untuk beraksi. Salam kejadian ini, hanya satu dari dua pelaku yang berhasil diringkus berkat pengejaran yang dilakukan warga.

Menurut Sekretaris LSM Batam Monitoring, Lamsir, kinerja kepolisian di Batam saat patut dipertanyakan. Terjadinya kasus baru maupun fokus untuk pengamanan Natal dan Tahun Baru, bukan menjadi alasan untuk tidak menindaklanjuti kasus yang sudah terjadi sebelumnya.

"Kita melihat di media maupun turun di lapangan melihat langsung. Saat ini banyak kejadian, tetapi pengungkapan yang tampak hanya sedikit. Bukan berarti tidak ada," ungkapnya, Jumat (22/12/2017).

Ditambahkan, tentunya pertanyaan saat ini timbul dengan melemahnya kinerja kepolisian di Batam. "Kita yakin kalau Polisi bisa mengungkap, dan masyarakat mendukung penuh. Namun apa yang menjadi kendala sekarang, kita juga tidak paham. Apakah kurangnya ketegasan dari pimpinan atau bagaimana sehingga membuat anggota juga tidak semangat, tentu mereka yang lebih tahu," lanjutnya.

Ia juga berharap, pihak kepolisian bisa bekerja maksimal, sehingga bisa menumbuhkan rasa nyaman dan aman di tengah masyarakat.

"Kita sebagai warga Batam, sangat mendukung pengungkapan yang dilakukan. Semoga bapak-bapak kita di kepolisian bisa mengunkap kasus-kasus yang terjadi," pungkasnya.

Editor: Gokli