Dana Desa untuk 52 Desa di Anambas sudah Cair
Oleh : Freddy Silalahi
Minggu | 08-05-2016 | 18:20 WIB
plh sekda anambas.jpg

Plh Sekda Anambas Augus Raja Unggul

BATAMTODAY.COM, Anambas-Pencairan dana desa yang bersumber dari Anggaran Pendapatan Belanja Negara(APBN) untuk tahap pertama sudah mulai dilaksanakan. Sebanyak 21 desa telah mencairkan dana tersebut dan sebagian lagi masih dalam proses.

Pelaksana Harian(Plh) Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Kepulauan Anambas Augus Raja Unggul mengatakan, ‎pencairan dana tersebut dilakukan dalam dua tahap. Yakni dengan persentase 60 persen pada tahap pertama dan 40 persen pada tahap kedua.

"Dana yang dialokasikan kepada 52 desa yakni sebesar Rp 34 miliar. Sedangkan pencairan tahap pertama itu sebesar Rp 24 miliar untuk seluruh desa. Dan untuk tahap kedua akan dilakukan pada bulan Agustus mendatang," kata Plh Sekda Anambas Augus Raja Unggul Minggu(8/5/2016).

‎Augus menegaskan, pihaknya tidak akan menghambat proses pencairan dana desa tersebut. Dengan catatan, syarat pencairan harus dilengkapi. Adapun syarat tersebut, yakni laporan realisasi penggunaan dana desa tahun sebelumnya, Perdes, APBDes dan administrasi.

"Bila itu semua lengkap, kita tidak akan persulit. Demi kelancaran pembangunan desa juga. Kalau yang tertunda itu karena administrasi masih kurang lengkap. Oleh sebab itu, pihak desa harus bolak balik untuk mengurusnya," kata Augus.

Pria yang juga menjabat sebagai Asisten III Setdakab Anambas itu mengingatkan pihak desa yang masih belum mengajukan pencairan agar segera mengurusnya supaya pembangunan desa tersebut tidak tertinggal. Sehingga pihak desa dapat mempergunakan dana tersebut sesuai dengan kebutuhan.

"‎Ini akan membawa angin segar bagi desa, khususnya untuk program yang diprioritaskan seperti pembangunan infrastruktur berupa jalan, rehab jembatan dan pelabuhan. Saya sudah menegaskan kepada setiap kepala desa agar mempergunakan dana tersebut sesuai dengan kebutuhan, karena penggunaan uang negara tersebut harus dipertanggungjawabkan," pungkasnya.

Editor: Surya