Wabup Anambas Ajak Masyarakat Tanamkan Nilai-nilai Luhur Pancasila dalam Kehidupan Sehari-hari
Oleh : Frengky Tanjung
Sabtu | 01-06-2024 | 15:24 WIB
Pancasila-Anambas.jpg
Wakil Bupati Anambas, Wan Zuhendra, saat memimpin upacara peringatan Hari Lahir Pancasila, Sabtu (1/6/2024). (Foto: Frengky Tanjung)

BATAMTODAY.COM, Anambas - Pemerintah Kabupaten Kepulauan Anambas menggelar upacara bendera memperingati Hari Lahir Pancasila, Sabtu (1/6/2024), yang dipimpin Wakil Bupati Wan Zuhendra, serta dihadiri Forkopimda dan Kepala OPD.

Upacara tersebut dilaksanakan di Halaman Kantor Bupati Kepulauan Anambas. Hari Lahir Pancasila tahun ini mengusung tema 'Pancasila sebagai Jiwa Pemersatu Bangsa, Menuju Indonesia Emas 2045'.

"Pancasila menyatukan kita dengan segala perbedaan suku, agama, budaya dan bahasa, dalam menyongsong seratus tahun Indonesia emas, yang maju, mandiri dan berdaulat," kata jelas Wan Zuhendra, membacakan amanat Pembinaan Ideologi Pancasila Republik Indonesia.

"Nilai-nilai yang terkandung di dalam Pancasila itu sendiri, hendaknya dijadikan sebagai pemandu kehidupan bangsa yang sesuai dengan cita cita pendiri negara," imbuhnya.

Dalam kesempatan itu, Wan Zuhendra menjelaskan, Pancasila adalah sebuah anugrah bagi Bangsa Indonesia, karena di dalamnya terkandung nilai-nilai luhur yang menjunjung tinggi toleransi dan gotong royong.

"Pancasila adalah anugrah Tuhan Yang Maha Esa untuk Bangsa Indonesia. Di dalamnya mengandung nilai luhur yang mengajarkan kita untuk hidup bertoleransi dan bergotong royong, di mana keberagaman tersebut dirajut dalam identitas nasional, Bhinneka Tunggal Ika," jelasnya.

Ia juga mengajak seluruh komponen bangsa untuk bersama mengajarkan nilai Pancasila di dalam bermasyarakat. "Dalam momen bersejarah ini, saya mengajak seluruh komponen bangsa untuk bahu membahu membunyikan nilai-nilai Pancasila ke dalam setiap aspek kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara," ucapnya.

Di mana, Pancasila terbukti mampu menghadapi beragam gelombang tantangan sejarah. Hingga saat ini, Indonesia tetap kokoh dan tangguh sebagai bangsa yang besar.

Ia tidak lupa mengingatkan, perkembangan teknologi informasi menjadi tantangan sebuah bangsa, untuk tidak mengalami disorientasi masa depan. "Pesatnya kemajuan tekhnologi informasi saat ini, yang ditandai dengan masifnya penggunaan teknologi. Untuk itu dalam mengakses segala informasi harus digunakan secara bijaksana," pesan Wan Zuhendra.

"Dengan semangat Pancasila yang kuat, saya yakin seluruh tantangan yang akan dihadapi bangsa ini akan dapat diatasi. Terlebih di tengah krisis global yang terjadi, Indonesia berhasil menjaga stabilitas ekonomi," tambahnya lagi.

"Semoga peringatan hari lahirnya Pancasila ini dapat memicu semangat kita semua dalam pengamalan nilai-nilai Pancasila, demi Indonesia yang adil dan makmur," tutupnya.

Editor: Gokli