Terkendala Anggaran, Pemkab Anambas Batal Gelar Pasar Murah Idul Adha 2023
Oleh : Alfredy Silalahi
Rabu | 21-06-2023 | 16:52 WIB
masih-sekda2.jpg
Sahtiar, Sekda Kabupaten Kepulauan Anambas. (Dok BTD)

BATAMTODAY.COM, Anambas - Pemerintah Kabupaten Kepulauan Anambas tidak melaksanakan Pasar Murah (Pasmur) jelang Idul Adha 1444 Hijriah, sesuai instruksi pemerintah Pusat.

Hal itu disampaikan Sekretaris Daerah (Sekda) Anambas, Sahtiar usai memimpin rapat tertutup persiapan pelaksanaan gerakan Pasmur Nasional 2023 di lantai II Kantor Bupati Anambas.

Menurut Sahtiar, gerakan pasar murah nasional untuk menstabilkan perekonomian masyarakat menjelang Hari Raya Idul Adha.

"Tujuan pasar murah ini kan untuk menjaga kestabilan perekonomian masyarakat serta memgurangi disparitas harga bahan pokok. Tapi untuk saat ini belum bisa kita selenggarakan karena terbentur anggaran," ucap Sahtiar, Rabu (21/6/2023).

Sahtiar menerangkan bahwa Pemkab Anambas sudah menyelenggarakan pasar murah menjelang Hari Raya Idul Fitri. Sehingga anggaran untuk subsidi penyelenggaraan pasar murah sudah terpakai.

"Kita juga tidak menyangka, kalau ada kegiatan pasar murah menjelang Idul Adha. Kalau kita tahu, tentu kita sudah mempersiapkan jauh-jauh hari. Apalagi kondisi APBD Anambas saat ini minim. Sehingga kita lebih memilih menunda, dan melakukan evaluasi ditahun anggaran yang akan datang agar mempersiapkan minimal 2 kali penyelenggaraan pasar murah," terang Sahtiar.

Sahtia menyinggung, bicara tentang pasar murah, tidak semua pengusaha bersedia membantu, karena cakupannya 10 kecamatan.

"Untuk menyelenggarakan pasar murah, harus dilakukan merata ke seluruh kecamatan dan menyasar ke desa-desa," ucapnya.

Editor: Yudha