DKUMPP Anambas dan Kepolisian akan Cek Peredaran Pertalite di Tarempa
Oleh : Alfredy Silalahi
Senin | 15-05-2023 | 16:04 WIB
isi-bbm-anambas12.jpg
Masyarakat Anambas mengisi BBM. (Dok BTD)

BATAMTODAY.COM, Anambas - Dinas Koperasi Usaha Mikro Perindustrian, Perdagangan dan Tenaga Kerja (DKUMPP Naker) Kabupaten Kepulauan Anambas, akan melakukan pengawasan di lapangan terkait peredaran BBM jenis pertalite.

Pasalnya, baru 2 hari lalu kapal pengangkut BBM melakukan pembongkaran jenis pertalite sebanyak 120 Kilo liter, namun hari ini pertalite sudah tidak ditemukan pada pengecer yang berada di Tarempa, Kecamatan Siantan.

"Besok kita konfirmasi dulu sama agen, tak masuk akal rasanya 120 KL lenyap 2 hari. Biasanya sekitar 60 KL cukup untuk sebulan di Kecamatan Siantan, ini 120 KL malah lenyap dalam sekejap," ucap Masykur Kepala DKUMPP Naker Anamabas ketika dikonfirmasi terkait kelangkaan BBM Pertalite di Tarempa, Kecamatan Siantan, Senin (15/5/2023).

Masykur menjelaskan, selain melakukan konfirmasi kepada pihak agen, DKUMPP akan melakukan sidak ke pengecer yang berada di Tarempa.

"Kita pastikan dulu dapat data yang membeli minyak ke agen, kemudian kita cek ke lapangan bersama pihak kepolisian. Kalau misalnya ada yang ditemukan melakukan penimbunan, maka sanksinya kita serahkan kepihak kepolisian," ucap Masykur.

Masykur menghimbau masyarakat, agar tidak panic buying yang menyebabkan peredaran pertalite di Tarempa, Kecamatan Siantan tidak merata. Menurutnya, masyarakat harus bisa bekerjasama dengan pemerintah untuk menjaga ketersediaan BBM.

"Kendala untuk pengangkutan BBM ke depot tidak ada, jadi kami harap masyarakat agar tidak panik. Isu-isu yang beredar di masyarakat itu tidak benar. Dalam minggu ini kapal pengangkut juga akan melakukan penjemputan ke depot. Jangan khawatir, kami juga berusaha menjaga ketersediaan BBM selama cuaca normal," tegasnya.

Editor: Yudha