Apresiasi Pimpinan Dewan di HUT Otonom Tanjungpinang ke-16
Oleh : Habibi Khasim
Rabu | 18-10-2017 | 08:24 WIB
otonom_pinang.jpg
Paripurna Istimewa HUT Kota Otonom Tanjungpinang ke-16. (Foto: Habibi Khasim)

BATAMTODAY.COM, Tanjungpinang - Wakil Ketua I Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Tanjungpinang, Ade Angga sangat mengapresiasi capaian pembangunan oleh Pemerintah Kota Tanjungpinang. Hal itu disampaikannya dalam peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) kota Otonom ke 16 yang diselenggarakan melalui serangkaian upacara dan rapat Paripurna istimewa, Selasa (17/10/2017).

Menurut Ade, Wali kota Tanjungpinang, Lis Darmansyah dan Wakil Wali Kota Tanjungpinang, Syahrul telah bekerja keras untuk membuat Tanjungpinang seperti berkembang sekarang ini. Akan tetapi, Ade juga mengingatkan kepada pemerintah agar tidak terlena dan terus melakukan upaya kreatif guna mensejahterakan masyarakat di Tanjungpinang.

Menurut Ade, kondisi saat ini, pemerintah mengalami defisit yang luar biasa dan ekonomi Tanjungpinang juga menurun, sangat berimbas kepada masyarakat. Tanpa disadari, dengan banyaknya lulusan-lulusan baru baik itu dari jenjang Sekolah Menengah Atas (SMA), mahasiswa serta anak-anak yang putus sekolah, Tanjungpinang saat ini memproduksi pengangguran.

"Tanpa langkah kreatif, ke depan akan semakin dahsyat, karena tidak ada lapangan kerja dan otomatis banyak pengangguran. Makanya, ke depan perlu langkah yang kreatif lagi guna mengantisipasi hal itu," ujar Ade saat usai Rapat Paripurna istimewa HUT Kota Otonom Tanjungpinang.

Langkah yang paling tepat, menurut Ade, adalah meningkatkan para pengusaha muda untuk membangun kemandirian dan jiwa usaha. Selain itu, bantuan untuk masyarakat miskin tidak lagi yang bersifat membantu, tapi memberdayakan.

"Sebagai contoh, kita berikan pelatihan, setelah dilatih berikan modal dan peralatan, jadi usaha itu jelas arahnya," kata Ade.

Akan tetapi, memang tentunya hal itu harus dilakukan oleh Penjabat sementara Wali kota Tanjungpinang atau wali kota Tanjungpinang yang baru nantinya.

Editor: Dardani