Gubernur Targetkan Pemprov Terapkan E-Government 2018 Mendatang
Oleh : Ismail
Selasa | 17-10-2017 | 17:50 WIB
Nurdin-Basirun-diwawancarai-BATAMTODAY1.gif
Gubernur Kepri, Nurdin Basirun (Foto: Ismail)

BATAMTODAY.COM, Tanjungpinang - Gubernur Kepri, Nurdin Basirun, menginstruksikan, mulai Januari 2018 mendatang seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkungan Pemprov Kepri wajib paham Ilmu Teknologi (IT).

Instruksi tersebut bukan tanpa alasan. Pasalnya, lanjut Nurdin, sesuai dengan permintaan Presiden Jokowi yang menginginkan setiap daerah harus sama-sama kerja kreatif, inovatif serta mampu menciptakan lapangan kerja baru untuk masyarakatnya.

Oleh karena itu, dirinya menargetkan pada 2018 mendatang, birokrasi administrasi sudah harus menerapkan berbasis online.

"Kalau kite tak mulai dari sekarang, maka cepat atau lambat akan tertiggal. Ke depan tantangan kite makan berat, maka saye harapkan, agar kite sama-sama melek teknogi," ujar Nurdin, Selasa (17/10/2017).

"Karena negara maju sekarang ini, sudah menciptakan sesuatu yang moderen, namun kita masih begini-begini saja," sambungnya.

Sementara itu, Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Kepri, TS Arif Fadillah mengungkapkan, Pemprov Kepri akan mengembangkan proses kerja pemerintah dengan mengedepankan penyelenggaraan kepemerintahan berbasis elektronik atau e-government (e-Gov) pada 2018 mendatang.

Dalam sistem tersebut nantinya, lanjut Sekda, sistem pembayaran dari pemerintah tidak lagi dilakukan secara manual. Tapi, sudah berbasis elektronik dari Rekening Kas Umum Daerah (RKUD) ke rekening rekanan.

Hal tersebut, mengacu dengan rencana Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN RB) yang ingin mewujudkan birokrasi pemerintahan yang efektif, efisien dan akuntabel berbasis elektronik.

"Pemprov Kepri juga telah merancang aplikasi yang sama untuk Aparatur Sipil Negara (ASN) di Kepri.
 Aplikasi tersebut saat ini masih digodok Diskominfo. Diharapkan, selesai akhir tahun 2017, sehingga awal tahun 2018 Kepri sudah mengaktifkan sistem e-Gov," harapnya.

Editor: Udin