Dana Rakyat dari APBD Jangan Disia-siakan

Nurdin Kembali Warning Kepala OPD Siapkan Program Tepat Waktu
Oleh : Charles Sitompul
Senin | 16-10-2017 | 18:50 WIB
Nurdin2.gif
Nurdin Basirun bersama Asisten I Provinsi Kepri di Bandara RHF Tanjungpinang (Foto: Ist)

BATAMTODAY.COM, Tanjungpinang - Gubernur Provinsi Kepri, kembali mengingatkan seluruh Kepala Organisasi Pemerintah Daerah (OPD) di Dinas dan Badan serta Sekretariat Pemerintah Provinsi Kepri, agar menyelesaiakan seluruh progran kegiatan yang dialokasikan dari APBD dengan tepat waktu.

"Setiap OPD harus memastikan, semua kegiatan yang dianggarkan dari APBD tahun ini, selesai sesuai perencanaan. Jangan sampai program-program tersebut terbengkalai dan uang rakyat menjadi sia-sia," kata Nurdin Basirun dalam Rapat Evaluasi yang diikuti seluruh OPD Pemerintah Provinsi Kepri, Senin (16/10/2017).   

Nurdin mengigatkan, dengan perencanaan yang telah dilakukan dengan baik, seluruh program yang sudah dialokasikan di APBD 2017 harus menghasilkan manfaat yang dapat dirasakan masyarakat. Hingga setiap dana uang rakyat yang bersumber dari APBD tidak terbuang sia-sia dengan pekerjaan yang tidak selesai.

Warning dan peringatan untuk melaksanakan seluruh program kegiatan APBD 2017 ini, dilakukan NUrdin Basirun setiap minggu dalam rapat evaluasi kegiatan yang dilaksanakan setiap Senin.     

Tiap rupiah dana masyarakat di APBD, tambah Nurdin, harus dimanfaatkan untuk kepentingan masyarakat. Dan semua program yang sudah direncanakan dan alokasinya dianggarkan di APBD harus berjalan sesuai dengan yang direncanakan.

Fokus pembangunan infrastruktur yang sedang digesa memang menjadi perhatian khusus Nurdin. Dia ingin setiap tahun manfaat pembangunan terus dirasakan masyarakat.

Belanja pembangunan sendiri sejak anggaran tahun 2018, terus mengalami peningkatan. Nurdin malah sudah menegaskan kepada Sekda Kepri, TS Arif Fadillah dan Kepala Barenlitbang, Naharuddin, agar belanja pembangunan diperbesar.

"Pembangunan infrastruktur itu harus memacu pergerakan ekonomi masyarakat," kata Nurdin lagi.

Dia menjelaskan, dengan pembangunan infrastruktur, diharapkan berbagai sektor terus berkembang. Terutama sektor pariwisata yang kini menjadi salah satu andalan pergerakan ekonomi di Kepri.

Pariwisata memang memberikan banyak dampak bagi ekonomi masyarakat. Berbagai elemen masyarakat akan merasakannya langsung.

Untuk kepariwisataan, Nurdin selalu berpesan agar seluruh elemen masyarakat untuk bersama-sama menjaga kerukunan, sehingga Kepri selalu aman dan tentram. Kemajemukan Kepri, kata Nurdin, menjadi anugerah yang harus dimanfaatkan untuk banyak hal.

Editor: Udin