Kapal Perang Amerika Tabrakan di Selat Malaka, Basarnas Kepri Terjunkan KN Purwerejo
Oleh : Roland Aritonang
Senin | 21-08-2017 | 13:50 WIB
Basarnas-Kepri1.gif
Eko Supriyanto, Kepala Subseksi Operasi Kantor Basarnas Provinsi Kepri. (Foto: Roland)

BATAMTODAY.COM, Tanjungpinang - Badan SAR Nasional Provinsi Kepri menerjunkan KN Purwerejo untuk melakukan pemantauan, pengecekan dan penyisiran di perbatasan setelah peristiwa tabrakan kapal Perang Amerika Serikat, jenis perusak rudal yang dipandu USS John S. McCain (DDG 56) dengan kapal tanker Alnic MC di Timur Selat Malaka dan Singapura.

"Kita dapat informasi memang benar ada tabrkan kapal itu, sehingga kita menurunkan kapal KN Purwerejo untuk melakukan pemantauan di laut perbatasan tersebut," ujar Eko Supriyanto, Kepala Subseksi Operasi Kantor Basarnas Provinsi Kepri, Senin (21/8/2017).

Ia menjelaskan, saat ini untuk kedua kapal yang terlibat kecelakaan ini telah dievakuasi ke Singapura karena terjadinya tabrakan ini di perairan Malaysia. Sampai saat ini pihaknya masih menunggu informasi resmi dari badan SAR Singapura dan Malaysia.

"Untuk kronologis kejadiannya kita belum mendapat informasi secara pasti dan berapa orang kru kapal yang dikabarkan hilang masih kita tunggu," katanya.

Kapal perang Amereka Serikat, jenis perusak rudal yang dipandu USS John S. McCain (DDG 56) tabrakan dengan kapal tanker Alnic MC di Timur Selat Malaka dan Singapura, Senin (21/8/2017).

Tabrakan tersebut dilaporkan terjadi pada pukul 05.24 waktu setempat. Alnic MC dalam perjalanan menuju salah satu pelabuhan di Singapura.

Laporan awal mengindikasikan John S. McCain mengalami kerusakan pada sisi belakangnya. Upaya pencarian dan penyelamatan sedang dilakukan dalam koordinasi dengan pemerintah daerah.

Editor: Yudha