Harga Komoditas Ikan di Tanjungpinang Masih Tinggi
Oleh : Habibi
Senin | 18-07-2016 | 13:29 WIB
lapak-ikan-tanjungpinang.jpg

Deretan lapak pedagang ikan di Pasar Pelantar KUD, Tanjungpinang. (Foto: Habibi)

BATAMTODAY.COM, Tanjungpinang - Harga ikan di pasar masih tinggi, dan keberadaan ikan di meja pedagang pun masih sepi. Dari pantauan di Pasar Pelantar KUD Tanjungpinang meja-meja pedagang didominasi dengan ikan tongkol yang dijual dengan harga Rp30 ribu per kilonya, naik Rp10 ribu dari harga pekan lalu.

 

Selain tongkol, ikan selar ukuran kecil dijual dengan harga Rp25 ribu per kilo dan selar besar Rp45 ribu per kilonya. Untuk ikan Tamban, turun dari minggu lalu harganya Rp18 ribu, hari ini, Senin (18/7/2016) harga ikan kecil ini menjadi Rp13 ribu.

Untuk jenis lain, seperti sotong dijual dengan harga Rp45 ribu dan sotong karang tulang besar Rp35 ribu per kilonya. Udang, tidak pernah beranjak dari Rp100 ribu hingga Rp120 ribu, udang kecil dijual Rp35 ribu per kilo dan udang sedang Rp60 ribu per kilo.

Ikan Karang dijual Rp28 ribu per kilo, Lebam Rp40 ribu dan ikan Lingkis Rp35 ribu per kilo. Hanya jenis ikan yang disebutkan ada di meja para pedagang di pasar tersebut. Sementara sejak pagi banyak meja pedagang yang kosong karena tidak ada ikan yang dijual. Pengakuan dari pedagang, hingga sekarang memang ikan masih sepi karena nelayan belum banyak yang melaut. Itu dipengaruhi oleh cuaca serta gelombang laut yang tidak menentu.

"Nelayan kita bilang malah ikan susah sekarang, mereka melaut paling dapat sekilo atau dua kilo saja. Ada juga yang belum bisa melaut karena cuaca, sekarang sering hujan dan gelombang laut sedang kuat," ujar Edi, salah satu pedagang ikan di Pasar Pelantar KUD Tanjungpinang.

Editor: Dodo