Para Tokoh Sepakat Sukseskan Pilkada dan Jaga Keamanan
Oleh : Charles Sitompul
Selasa | 01-12-2015 | 10:10 WIB
Kapolres,_Tokoh_Agama,_Tokoh_Masyarakat_dan_Tokoh_Budaya_bersama_Pengusaha_Lakukan_Ukrar_usai_Melakukan_Pertemuan.jpg
Kapolres Tanjungpinang bersama dengan parat tokoh. (Foto: Charles Sitompul)

BATAMTODAY.COM,Tanjungpinang - Sejumlah Toko Agama (Toga) Tokoh Masyarakat (Tomas) dan Tokoh Adat (Toda) serta kalangan pengusaha dan masyarakat bersama Kapolres Tanjungpinang, mendeklarasikan kesepakatan untuk mensukseskan Pilkada Gubernur dan Wakil Gubernur Kepri di Tanjungpinang dengan aman dan turut serta menjaga kondusifitas dan kemanan Tanjungpinang. Pertemuan itu berlangsung di Rupatama, Polresta Tanjungpinang, Senin (30/11/2015). 


Dalam kesempatan itu, Kapolres Tanjungpinang AKBP Kritian P Siagian, juga memaparkan, kondisi dan situasi kemananan serta kesiapsiagaan Polres Tanjungpinang dalam pelaksanaan pengaman Pilkada di Tanjungpinang, baik dalam menghadapi masa kampanye, masa tenang serta pada saat pelaksanaan pencoblosan pada Pilkada Gubernur 9 Desember 2015 mendatang. 

"Seluruh Toga, Tomas dan Toda di Tanjungpinang juga sepakat dan menyatakan, dukungan serta komitment masing-masing, melalui Deklarasi dan penandatanganan Kesepakatan Bersama dalam menjaga kemanan di Kota Tanjungpinang," ujar Kapolres pada wartawan. 

Kapolres menambahkan, selain membuat dan penandatanganan kesepakatan Bersama untuk mensukseskan pelaksanaan Pilkada, semua tokoh dan Kapolres juga menyatakan akan mengajak dan menghimbau pada seluruh masyarakat, untuk terus menjaga dan meningkatkan Keamanan, Karena "Tanjungpinang kota kite, kite semua bersaudare".

Selain melakukan penandatanganan kesepakatan dan deklarasi, lima Toga di Tanjungpinang, Islam, Katolik, Kristen Protestan, Hindu, Budha, juga berdoa untuk keselamatan dan kesuksesan serta amannya kota Tanjungpinang selama pelaksanaan Pilkada. 

"Kepolisian masyarakat dan semuanya juga didoakan, agar selalu bertindak persuasif dalam setiap pengamanan dalam Pilkada serentak ini agar menjadi pesta kebahagian masyarakat dalam menyalurkan aspirasi pilihanya dalam memilih pemimpin di Kepri," ujarnya.

Kepada para tokoh itu. Polres Tanjungpinang juga menyatakan akan memberikan pelayanan sebaik mungkin dalam menjaga kemanan dan kenyamanan. "Kami akan terus dan semakin rutin melaksanakab Kegitan Patroli secara intens dan cukup dalam menciptakan kemanan menjelang pelaksanaan Pilkada, pada Hari-H maupun setelah Pilkada," ujarnya. 

Selain itu, sejumlah pengusaha yang ikut dalam pertemuan itu, juga menyatakan komitment akan berjualan seperti biasa dan membuka toko dan kelontong-nya di pasar pada saat pleksanaan pemilihan Pilkada nanti. 

"Pencobloskan pada karyawan toko dilaksanakan secara bergantina, dan polisi akan tetap melakukan pengamanan. Hingga kendati dalam situasi Pilkada, tidak ada rasa was-was maupun  mencekam. Karyawan akan diatur sift masuk kerja, hingga dapat menyalurkan hak pilih, saat Pilkada," tuturnya.  

Terakhir, semua tokoh adat juga menyatakan, semua masyarakat dari segala macam suku dan adat yang tinggal di Tanjungpinang, akan terus mengedepankan adat Melayu dengan santun di Bumi Segantang Lada Tanjungpinang.

Editor: Dardani