Cari 'Pewaris' Budaya Melayu, Disparbud Tanjungpinang Gelar Festival Lagu Melayu Tingkat SMA
Oleh : Habibi
Jum'at | 27-11-2015 | 08:40 WIB
Tari_persembahan_sebagai_pembuka_acara.jpg
Salah satu penampilan para siswa SMA Tanjungpinang di ajang Festival Lagu Melayu. (Foto: Ist)

BATAMTODAY.COM, Tanjungpinang - Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Kota Tanjungpinang menggelar Festival Lagu Melayu tingkat SMA se – Kota Tanjungpinang di Mamakden Square, Tepi Laut, Tanjungpinang, Oktober 2015 lalu. Festival ini adalah ajang kreativitas bagi para siswa SMA.


Kepala Disparbud Tanjungpinang, Juramadi Esram mengatakan, pihaknya menggelar festival ini semata-mata untuk melestarikan lagu Melayu dan memperkenalkan kepada pemuda-pemudi di Tanjungpinang tentang gaung lagu Melayu yang sangat indah jika didengarkan.

"Kita juga mengharapkan dengan kegiatan ini, lagu Melayu dapat disukai, diminati dan dicintai semua kalangan, baik itu anak-anak, remaja dan orang tua. Lagunya mendidik dan lantunan melodi yang harmoni, lagu melayu pantas menjadi salah satu lagu favorite, khususnya untuk masyarakat Tanjungpinang," ujar Juramadi.

Mantan Kepala Dinas Sosial dan Tenaga Kerja Kota Tanjungpinang itu mengatakan, kegiatan ini memang difokuskan untuk pelajar, khususnya jenjang menengah atas, mengingat di jenjang inilah pelajar sudah mulai beranjak dewasa dan penuh semangat. Makanya, kegiatan ini diadakan, sebagai langkah dalam menanamkan nilai-nilai moral dan nilai kebangsaan. 

“Diharapkan dapat mengimbangi budaya asing yang sedikit demi sedikit telah meracuni kaula muda kita, dengan lagu Melayu ini, mudah-mudahan dapat meminimalisir pengaruh global yang perlahan-lahan sudah masuk dalam budaya lokal khususnya di Kepulauan Riau,” ujarnya. 

Festival Lagu Melayu ini juga untuk mencari bibit-bibit untuk pewaris meneruskan penciptaan dan menyanyikan lagu-lagu melayu untuk Kota Tanjungpinang khususnya dan Kepulauan Riau umumnya. 

“Pelestarian lagu Melayu sangat penting, dan itu harus dijaga dan ditumbuh kembangkan dari sekarang, makanya kepada orang tua, jangan gengsi untuk mengajarkan anaknya tentang adat dan budaya sendiri, itulah yang akan membentuk karakternya kelak," tutur Ketua NU Tanjungpinang ini. 

Festival Lagu Melayu ini dibuka oleh Kabag Ekbang Sekretariat Pemko Tanujungpinang, Robert Pasaribu yang mewakili Wali Kota Tanjungpinang. 

Pada acara itu, tampak hadir beberapa pejabat Kota Tanjungpinang, salah satunya Pepy Candra Anggota DPRD Kota Tanjungpinang dan Ibu Wakil Wali Kota Tanjungpinang, Juwariyah Syahrul yang juga sebagai Ketua Gerakan Organisasi Wanita (GOW) Kota Tanjungpinang. Kegiatan ini dilaksanakan pada 26 Oktober 2015 dan puncak acara finalnya pada 27 Oktober 2015 serta dimeriahkan oleh 57 peserta yang merupakan pelajar SMA se – Kota Tanjungpinang.

Inilah para pemenang Festival Lagu Melayu yang ditaja Disparbud Tanjungpinang

Lomba Lagu Melayu Putra

Juara I - Rachmad Nor dari SMAN 5 Tanjungpinang
Juara II - Robiansyah dari SMAN 1 Tanjungpinang
Juara III - Riki Hermawan dari SMA Swasta Pembangunan Tanjungpinang

Lomba Lagu Melayu Putri

Juara I -  Risky Fitriani dari SMAN 4 Tanjungpinang
Juara II - Yola Pratama dari SMAN 5 Tanjungpinang
Juara III - Wa Ade Risky Dwi Melia dari SMAN 5 Tanjungpinang

Editor: Dardani