Tanjungpinang Belum Terpengaruh Pelemahan Rupiah terhadap Dolar AS
Oleh : Habibi
Jum'at | 28-08-2015 | 09:16 WIB
riono_sekda_tpi_di_dewa.jpg
Riono, Sekda Tanjungpinang. (Foto: dok/BATAMTODAY.COM)

BATAMTODAY.COM, Tanjungpinang - Melemahnya rupiah terhadap dolar Amerika belum berpengaruh secara signifikan bagi ketersediaan kebutuhan pokok di Tanjungpinang. Sekretaris Daerah Kota Tanjungpinang, Riono, menjamin, stok kebutuhan pokok masih aman hingga beberapa bulan ke depan.

Kendati demikian, Riono mengingatkan agar mengubah gaya hidup untuk mengantisipasi gejolak yang kemungkinan bisa timbul akibat pelemahan rupiah tersebut.

"Kita sudah mengantisipasi bersama Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID). Mudah-mudahan tidak terjadi lonjakan, karena kita juga sudah mengimbau kepada distributor. Namun, untuk antisipasi, mari kita ubah gaya hidup, hindari konsumsi barang yang tidak terlalu diperlukan," ujar Riono, kepada BATAMTODAY.COM, Kamis (27/8/2015).

Selain itu, masyarakat juga diimbau agar lebih kreatif fan tidak terlalu bergantung kepada pedagang di pasar. Masyarakat bisa membuat inovasi-inovasi yang berguna bagi mereka sendiri.

"Ya bagi yang punya lahan, bisa bercocok tanam. Yang tidak punya gunakan hidroponik. Marilah kita kreatif," pesan Riono.

Sementara itu untuk mengendalikan agar inflasi tidak tinggi, TPID telah melakukan koordinasi untuk mengatisipasi hal tersebut. Salah satu cara yang akan dilakukan Pemko Tanjungpinang adalah dengan melakukan percepatan pengerjaan kegiatan pemerintahan. "Kita sudah edarkan ke SKPD agar melakukan seperti itu," ujar Riono. (*)

Editor: Roelan