Tanjungpinang Optimis Masuk Kriteria Kota Sehat 2015
Oleh : Habibi
Kamis | 27-08-2015 | 10:46 WIB
kherjuli-edit.jpg
Ketua Forum Kota Sehat (FKS) Kota Tanjungpinang, Kherjuli.

BATAMTODAY.COM, Tanjungpinang - Ketua Forum Kota Sehat (FKS) Kota Tanjungpinang, Kherjuli mengatakan, Tanjungpinang sudah memenuhi sekitar 98 persen indikator menuju penilaian kota sehat.

Kementerian Kesehatan pun telah turun langsung ke lapangan untuk melakukan verifikasi dan Kherjuli yakin, Tanjungpinang akan masuk ke dalam kriteria Kota Sehat pada tahun 2015 ini.

"Meskipun demikian, harapan tetap tertuju pada perubahan mindset masyarakat untuk bisa hidup bersih dan sehat. Aktivitas Kota Sehat ini bukan tujuan utama, tapi yang penting itu adalah perubahan perilaku di masyarakat dan tatanan kehidupan masyarakat yang bersih dan sehat," ujar Kherjuli saat dihubungi, Kamis (27/8/2015).

Kherjuli mengatakan, tim verifikasi dari Kementerian Kesehatan melakukan kunjungan ke Tanjungpinang pada Rabu (26/8/2015), untuk melihat proses perkembangan Tanjungpinang menuju predikat Kota Sehat Indonesia 2015.

Kunjungan ini sekaligus ingin melihat peran serta masyarakat yang diwakili oleh Forum Kota Sehat (FKS) Tanjungpinang. Serta memverifikasi usulan dokumen dari Provinsi Riau yang menunjuk Kota Tanjungpinang sebagai peserta Kota Sehat Indonesia pada 2015.

Menurut ketua LSM ALIM ini, dalam kunjungan pihak kementerian tersebut, banyak item yang dijadikan sebagai suatu penilaian. Namun secara garis besar, tatanan yang diverifikasi mencakup kehidupan mandiri yang sehat, serta tatanan kawasan sarana prasarana umum yang sehat pula.

"Secara dokumen, Tanjungpinang sudah masuk kriteria kata mereka, makanya mereka datang untuk melihat fakta," ujarnya.

Pengumuman kota sehat seluruh Indonesia sendiri kemungkinan akan dilaksanakan bersamaan dengan Hari Kesehatan Nasional pada November mendatang.

Editor: Dodo