Kabur dari Rutan Tanjungpinang, Tahanan Ini Sempat Check In di Hotel
Oleh : Roland Aritonang
Senin | 18-06-2018 | 13:04 WIB
ali-rutan1.jpg
Ali Mujihadi alias Ali saat dijebloskan kembali ke Rutan Tanjungpinang. (Foto: Roland)

BATAMTODAY.COM, Tanjungpinang - Ali Mujihadi alias Ali tahanan kasus pencurian yang kabur Rumah Tahanan Kelas I Tanjungpinang ternyata sempat check in bersama istrinya di salah satu Hotel di Tanjungpinang. Namun pelariannya terhenti, ia diamankan di rumah temannya, Senin (18/6/2018).

Kepala Rutan Kelas I Tanjungpinang, Ronny Widiyatmoko mengungkapkan saat dilakukan pengejaran terhadap Ali, pihaknya sempat mengecek salah satu hotel di Tanjungpinang. Diketahui, tahanan tersebut sempat check in di hotel pada Minggu (17/6/2018) pukul 17.00 WIB.

"Usai berduaan di kamar hotel, istrinya pulang. Diduga karena takut pulang ke Rutan, tahanan tersebut memilih lari," ujar Ronny kepada wartawan, Senin (18/6/2018).

Namun, petugas yang merasa kecolongan terus melakukan penelusuran dengan mendatangi teman dekat tahanan tersebut. Beruntung, ternyata dia melakukan komunikasi dengan teman dekatnya itu melalui massanger untuk meminta uang.

"Rupanya jam 05.00 WIB subuh tadi chat dengan temannya ini melalui masengger, minta uang dan minta tolong jemput. Dari situ kita langsung melakukan pengejaran dan menangkapnya dan dibawa ke rutan," terangnya.

Ronny menambahkan, kaburnya tahanan tersebut saat kunjungan lebaran. Karena padatnya kunjungan, pihaknya memberdayakan beberapa orang tahanan pendamping (tamping). Ada yang dikeluarkan membantu pegawai rutan untuk mengatur parkir dan sebagainya.

"Ada 10 tamping dan semuanya sudah kami diseleksi. Mereka yang dipilih berkelakuan baik, artinya sudah memenuhi syarat untuk dimasukan kedalam pasukan merah putih yang bisa kami asimilasikan," ujarnya.

Editor: Yudha