Warga Binaan Muslim di Rutan Tanjungpinang Berhasil Kumpulkan Zakat Rp16 Juta
Oleh : Roland Aritonang
Jum\'at | 15-06-2018 | 18:32 WIB
zakat-rutan-tpi.jpg
Kepala Rutan Kelas I Tanjungpinang Ronny Widiyatmoko (tengah) didampingi Kepala Kesatuan Pengamanan Rutan, Fajar Teguh Wibowo (kiri) serta Kasubsi Administrasi dan Perawatan Tahanan, Tama Surakhman (kanan). (Foto: Roland Aritonang)

BATAMTODAY.COM, Tanjungpinang - Jeruji besi tak menghalangi seseorang menjalankan syariat Islam. Seperti yang dilakukan 382 jiwa dari 120 jumlah kartu keluarga warga binaan Rutan Kelas I Tanjungpinang. Mereka, berhasil mengumpulkan zakat sebanyak Rp16.028.750.

Kepala Rutan Kelas I Tanjungpinang, Ronny Widiyatmoko mengapresiasi apa yang telah dilakukan warga binaan pada lebaran Idul Fitri 1439 H/2018.

"Kami sangat bangga meskipun mereka di dalam sel, tetapi mereka bisa memberikan zakat fitrah," ujar Ronny, Jumat (15/6/2018).

Ronny berharap, hal ini menjadi contoh warga binaan lainnya untuk terus berbuat kebaikan meskipun berada di dalam sel tahanan.

Di tempat yang sama, Kasubsi Administrasi dan Perawatan Tahanan, Tama Surakhman memaparkan adapun hasil dari pembayaran zakat fitrah itu terkumpul uang sejumlah Rp16.028.750, infaq sejumlah Rp2.486.250 dan fidiyah sejumlah Rp550.000.

Menurutnya, Rutan Kelas I Tanjungpinang terlebih dahulu membentuk tim pengumpul zakat kepada warga binaan. Tujuannya untuk membantu warga binaan menggugurkan kewajiban ibadah zakat yang merupakan kewajiban bagi seluruh umat Islam.

"Zakat ini kewajiban bagi seluruh umat Islam," ucapnya.

Setelah zakat fitrah ini terkumpul, selanjutnya disalurkan kepada fakir miskin warga binaan rutan dan masyarakat. Penyaluran ini didampingi oleh RW Kampung Jawa dan Ustadz serta pegawai Rutan.

"Kami bersyukur semua zakat telah disalurkan. Semoga dapat bermanfaat," tutupnya.

Editor: Gokli