Sidak Dinkes dan BPOM

Sejumlah Supermarket di Tanjungpinang Masih Jual Produk Sarden Mengandung Cacing Pita
Oleh : Habibi
Rabu | 21-03-2018 | 13:50 WIB
sarden-tpi1.jpg
Kadinkes Kota Tanjungpinang, Rustam sidak ke supermarket dan warung di Tanjungpinang. (Foto: Habibi)

BATAMTODAY.COM, Tanjungpinang - Dinas Kesehatan Kota Tanjungpinang melakukan inspeksi mendadak (sidak) ke supermarket dan mini market untuk mengecek produk sarden yang mengandung cacing pita, Rabu (21/3/2018).

Kepala Dinas Kesehatan Kota Tanjungpinang, Rustam mengatakan pihaknya baru turun pada hari ini dan akan melakukan pengecekan hingga beberapa hari ke depan.

"Kita temui beberapa supermarket yang masih memajang sarden ini. Namun mereka mengaku tidak tahu. Tapi, ada juga yang sudah menarik beberapa merk sarden dari rak jualan karena tahu ada indikasi ini," kata Rustam.

Rustam mengaku bahwa pihaknya telah mengultimatum pihak swalayan dan outlet yang menjual sarden ini agar menarik barang mereka dan mengembalikan ke distributor.

"Yang sudah tahu langsung menarik, yang belum tau kita imbau terus supaya mengamankan barang dan kembalikan ke distributor," tutur Rustam.

Selain kepada pihak swalayan, Rustam juga mengimbau kepada masyarakat agar tidak terpancing dengan harga yang murah. Karena barang yang mengandung parasit, salah satunya cacing seperti sarden ini berbahaya bagi tubuh.

"Kepada ibu-ibu khususnya, agar selektif dalam memilih bahan makanan. Di cek dulu dengan teliti setiap barang yang dibeli. Jika kedapatan yang aneh-aneh bisa laporkan ke Dinkes Tanjungpinang," kata Rustam.

Dinkes bersama BPOM mengecek produk sarden ke seluruh swalayan dan warung kecil yang menjual menjual sembako.

Editor: Yudha