Rasta yang Diterima Warga Tanjungpinang Pra E-Warung Hanya 30 Kg
Oleh : Habibi Khasim
Rabu | 21-03-2018 | 12:39 WIB
rasta-3.jpg
Seorang warga saat mengambil Rasta di Kantor Lurah Tanjung Unggat. (Foto: Habibi Khasim)

BATAMTODAY.COM, Tanjungpinang - Beras pra sejahtera (Rastra) periode terakhir yang diterima warga Tanjungpinang hanya 30 Kg. Namun, warga masih untuk karena digratiskan.

Sebelumnya, Rastra ini dibagikan kepada masyarakat dengan berbayar. Mereka yang tergolong keluarga tidak mampu ini mendapatkan beras sebanyak 45 Kg dengan harga Rp50 ribu.

"Dulu berbayar, sekarang pemerintah menggratiskan, makanya mereka dapatnya hanya 30 Kg saja," kata Lurah Tanjung Unggat, Said Fatahullah, Rabu (21/3/2018).

Said mengatakan, saat ini pemerintah, melalui Dinas Sosial tengah mempersiapkan E-Warung. Namun, karena belum komplit, maka Rastra ini diberikan kembali pada triwulan pertama tahun 2018.

"Rencananya, triwulan kedua sudah mulai E-Warung. Namun jika program ini belum siap pada triwulan kedua, kita tidak tahu langkah selanjutnya. Apa diberikan beras lagi atau bagaimana, belum ada arahan," kata Said.

Untuk E-Warunh sendiri, masyarakat nantinya akan diberikan kartu elektronik yang berisikan saldo berjumlah Rp110 ribu per bulan. Bantuan itu akan diisi oleh pemerintah setiap bulannya selama program ini berjalan.

"Nanti semua masyarakat yang menerima kartu wajib belanja di E-Warung yang ada di kelurahan masing-masing. Karena belanja tempat lain tak bisa. Jumlah uang yang ada di dalam kartu ini ada Rp110 ribu untuk belanja sembako," terang Said.

Said belum mengetahui kabar terbaru tentang E-Warung ini. Dia mengaku, sifat Lurah hanya menunggu instruksi dari Dinas terkait tentang kapan menjalankan program tersebut.

Editor: Gokli