Kolonel Iwan Setiawan Resmi Jabat Danlanal Batam
Oleh : Roland Aritonang
Sabtu | 16-12-2017 | 12:48 WIB
sertijab-Danlanal-Batam.jpg
Upacara sertijab Danlanal Batam di lapangan Markas Komandan Pangkalan Utama TNI AL (Lantamal) IV Tanjungpinang, Sabtu (16/12/2017). (Foto: Roland Aritonang)

BATAMTODAY.COM, Tanjungpinang - Kolonel Laut (E) Iwan Setiawan resmi menjabat Komandan Pangkalan Angkatan Laut (Danlanal) Batam, menggantikan Kolonel Laut (P) Ivong Wicaksono Wibowo dalam serah terima jabatan yang dilaksanakan di lapangan Markas Komandan Pangkalan Utama TNI AL (Lantamal) IV Tanjungpinang, Sabtu (16/12/2017).

Komandan Pangkalan Utama TNI AL (Lantamal) IV Tanjungpinang, Laksamana Pertama TNI R.Eko Suyatno mengatakan, serah terima jabatan merupkan proses kesinambungan kepemimpinan dalam rangka membidangi organisasi agar senantiasa responsif dan antisipatif terhadap tantangan tugas ke depan. Melalui sertijab ini diharapkan mampu menciptakan suasana baru dan lingkungan yang lebih kondusif.

"Selain itu mampu melahirkan ide-ide segar dan konsepsional sehingga kinerja organisasi akan lebih efektif dan terus dinamis dari waktu ke waktu sedangkan pada sisi lain merupakan salah satu proses pembinaan personil dalam rangka memotivasi dan memacu untuk maju berkembang daam kopetisi yang sehat," kata Eko.

Lanal Batam merupakan salah satu pelaksana pendukung Lantamal IV Tanjungpinang, yang mempunyai tugas pokok menyelenggarakan dukungan logistik sarana bagi satuan satuan operasional TNI Angkatan Laut yang beroperasi di wilayah kerja Batam, serta disamping itu juga membina potensi nasional kekuatan di bidang maritim serta melaksanakan kebijakan pemimpin TNI Angkatan Laut.

"Dalam fungsi keamanan laut Lanal Batam memiliki tugas menjaga dan menciptakan stabilitas keamanan di perairan Kawasan Barat khususnya selat Singapura. Mencegah dan menanggulangi berbagai ancaman keamanan dan pelanggaran hukum di laut," tegasnya.

Menurutnya, tugas yang diemban oleh Lanal Batam tidak ringan, karena melihat kondisi geografisnya Lanal Batam dituntut untuk mengamankan jalur lintas laut internasional dan perairan yang berbatasan langsung dengan negara tetangga yang sangat rawan dengan perompakan, penyelundupan, dan kegiatan ilegal lainnya apalagi di wilayah Lanal Batam terdapat Pulau Nipah yang merupakan Best Poin dalam menetapkan batas awal dari perairan Indonesia dengan perairan Singapura.

"Tidak hanya itu tugas lainnya seperti terhadap pulau terluar yang memiliki kerawanan yang dapat hilang dari secara fisik ataupun secara kepemilikan dengan hilangnya pulau terluar dengan Best poin ini akan mengakibatkan berubahnya batas wilayah perairan Indonesia," ucapnya.

"Oleh karena itu perlu adanya pengawasan dan pengontrolan secara intensif serta patroli laut secara terus menerus guna mengantisipasi juga mencegah adanya aktivitas tindakan kejahatan dan kegiatan ilegal di laut," tegasnya.

Eko mengharapkan kepada pemimpin baru Lanal Batam agar dapat merealisasikan peningkatan kemampuan tugas pokoknya untuk menjawab semua tuntutan tantangan tersebut dituntut adanya kebijakan manajemen yang lebih baik dan diorientasikan kepada terwujudnya kinerja yang lebih efisien sehingga dapat tercapai secara optimal.

"Saya ucapkan terimakasih dan penghargaan kepada Ivong Wicaksono Wibowo atas pengabdiannya selama menjabat komandan Lanal Batam. Semoga lebih sukses di tempat yang baru sebagai Kasubdispam Dispam dan Kepada pemimpin baru Lanal Batam Iwan Stiawan saya berharap kepercayaan yang diberikan pimpanan dapat dilaksanakan sebaik-baiknya," pungkasnya.

Editor: Gokli