glory propertinews

Saksikan Pembangunan di Papua

14-04-2018 | 17:16 WIB

Oleh Abner Krei

TAK terasa, sudah berjalan 4 tahun kepemerintahan Presiden Jokowi dan tak lama lagi akan dilakukan Pemilu untuk pemilihan presiden selanjutnya di tahun 2019.

Nawa Cita Reformasi Agraria, Benarkah?

13-04-2018 | 17:16 WIB

Oleh Alfonsius Ladi Ola

BELUM lama ini, kita dijejali berbagai simpang siur informasi mengenai program reformasi agraria dengan program pembagian setrifikat tanah oleh pemerintahan Jokowi-Jk, yang oleh beberapa pihak dianggap sebagai upaya menipu masyarakat. Sebelum memberikan sikap atas persoalan ini seyogyanya kita harus mengetahui program agraria ini.

Siap Menang-Kalah dalam Pesta Demokrasi

12-04-2018 | 17:16 WIB

Oleh Sulaiman Rahmat

PILKADA serentak yang akan dilakukan Juni 2018 mendatang menjadi pesta demokrasi yang ditunggu-tunggu oleh masyarakat Indonesia. Setiap daerah tentunya sudah memiliki calon Kepala Daerah nya masung-masing.

Pemilih Cerdas Hasilkan Pemimpin Berkualitas

11-04-2018 | 17:16 WIB

Oleh Stevanus Sulu

TAK terasa Pilkada 2018 akan datang, sebuah pesta demokrasi pemilihan Kepala Daerah-Daerah di Indonesia akan dimulai. Baik tua maupun muda semuanya masyarakat Indonesia menanti dengan tidak sabar dan berharap untuk bisa mendapatkan pemimpin daerahnya masing-masing.

Menghentikan Ekses Pilkada Langsung

11-04-2018 | 13:16 WIB

Oleh: Bambang Soesatyo)*

PEMILIHAN UMUM kepala daerah (Pilkada) secara langsung sebenarnya sudah ideal karena dia menjadi wujud nyata kedaulatan rakyat. Namun Sayang, kedaulatan rakyat untuk memilih pemimpinnya belum dilengkapi pola atau mekanisme penyaringan yang ideal.

Akibatnya, Pilkada di banyak daerah gagal menghadirkan sosok pemimpin yang punya kompetensi, kredibilitas dan berintegritas. Bahkan praktik money politik atau politik transaksional makin masif dan gesekan antar kelompok, keluarga ataupun individu diakar rumput semakin mengkhawatirkan.

Ketimpangan Lahan, Salah Siapa?

10-04-2018 | 17:28 WIB

Oleh Alifuddin

BELAKANGAN ini, publik diramaikan dengan perdebatan soal pembagian sertifikat tanah oleh Presiden Jokowi. Sebagaimana yang diberitakan, Pak Jokowi dituding melakukan "pengibulan" terkait bagi-bagi sertifikat tanah tersebut. Salah seorang anggota DPR RI dari Fraksi PAN mengatakan bahwa dari data Bank Dunia, 74% lahan Indonesia dikuasai oleh segelintir orang saja.

Implikasi Politik Program Sertifikasi Tanah Jokowi

09-04-2018 | 17:16 WIB

Oleh Hendra Satriawan

PROGRAM bagi-bagi sertifikat tanah yang dilakukan oleh pemerintahan Jokowi menuai kritik dari beberapa pihak. Salah satu yang ramai dibahas oleh publik adalah terkait pernyataan politisi senior Partai Amanat Nasion (PAN) mengatakan 74% tanah Indonesia dikuasai oleh segelintir orang saja. Menaanggapi polemik tersebut, penting bagi kita untuk memahami secara detail data dan fakta yang sebenarnya.

Mbak Sukma Tidak Boleh Sinis pada Islam

08-04-2018 | 11:32 WIB

Oleh: Hendrajit)*

KONTROVERSI baca puisi Ibu Indonesia oleh Mbak Sukma sontak membawa saya ke massa silam. Ketika bapaknya, Bung Karno remaja mondok di rumah bapak HOS Cokroaminoto. Tokoh sentral Sarikat Islam.