Mengaborsi Benih Radikalisme dan Terorisme

15-06-2017 | 09:02 WIB

Oleh Dian Setiawan Sadewa

MENELAAH sejarah HTI atau yang dikenal dengan Hizbut Tahrir Indonesia, tidak dapat dilepaskan dari pengaruh Ikhwanul Muslimin yang pusatnya di Ismailiah, Mesir. Organisasi ini berdiri pada tahun 1928, dua tahun setelah Nahdatul Ulama atau NU berdiri.

Pancasila, Pondasi dan Pedoman Bangsa Indonesia

14-06-2017 | 09:02 WIB

Oleh Hilmy Yahya

DEWASA ini banyak sekali kelompok kepentingan yang berupaya menggantikan keberadaan Pancasila sebagai dasar Negara dan landasan kehidupan berbangsa dan bernegara di Indonesia. Timbul sebuah pertanyaan apakah eksistensi ideologi Pancasila sudah tidak relevan dengan perkembangan era globalisasi dan demokratisasi yang nyaris tanpa batas.

Menakar Peran MUI

13-06-2017 | 09:02 WIB

Oleh Bagas Prasetyo

MENELAAH langkah sekaligus tindakan kongkrit Pemerintah Presiden Jokowi terhadap kegaduhan yang terjadi di masyarakat akibat fatwa Majelis Ulama Indonesia atau yang disingkat dengan MUI, terkait larangan pemakaian atribut non Muslim. Pemerintah melalui Menko Polhukam Wiranto, menyatakan bahwa MUI harus melakukan koordinasi dengan Kemenag dan Polri sebelum mengeluarkan fatwa. Koordinasi antara Pemerintah dan MUI harus dilakukan 'agar fatwa yang dikeluarkan bisa menghasilkan kebaikan dan tidak menimbulkan keresahan di masyarakat'.

Indonesia Itu Pancasila, Bukan Khilafah

12-06-2017 | 09:02 WIB

Oleh M. Nizar Setiawan

"KALAU jadi Hindu jangan jadi orang India, kalau jadi orang Islam jangan jadi orang Arab, kalau Kristen jangan jadi orang Yahudi. Tetaplah jadi orang Nusantara dengan adat-budaya Nusantara yang kaya raya ini".

Tidak Ada Pelanggaran HAM di Tanah Cenderawasih

11-06-2017 | 10:30 WIB

Oleh Sulton H. Kusuma

KUALITAS pelaksanaan hak asasi manusia di Indonesia kembali ditinjau lewat mekanisme Universal Periodical Review atau yang dikenal dengan UPR yang merupakan badan di bawah struktur Dewan HAM PBB.

Menimbang Gagasan Perpindahan Ibu Kota Negara

10-06-2017 | 08:12 WIB

Oleh Vamiga Andrew

USULAN perpidahan Ibukota Indonesia dari Jakarta ke beberapa wilayah provinsi di Indonesia telah dibahas sejak masa kolonial hingga berlanjut pada awal era kepemimpinan Presiden Soekarno. Sejarah mencatat bahwa di awal Abad ke-20, ditemukan upaya pemerintah Hindia Belanda untuk mengubah lokasi ibu kota negara yang semula Batavia (atau saat ini dikenal dengan Jakarta) ke Bandung.

Mengenal Fenomena Terorisme Masa Kini

03-06-2017 | 09:02 WIB

Oleh Ricky Rinaldi

BERDASARKAN pengamatan terhadap aktifitas dan kegiatan kelompok radikal dan teroris dewasa ini, banyak sekali perubahan dan upaya transformasi yang dilakukan oleh kelompok teror baik menyangkut jaringan maupun target sasaran sebuah aksi teror.

Menelisik Sejarah Pengusiran Belanda dari Tanah Cenderawaih

02-06-2017 | 09:02 WIB

Oleh Usman Toni

HAMPIR 60 tahun sudah Papua yang dahulunya bernama Irian Barat bergabung ke dalam NKRI. Polemik demi polemik yang dari dahulu hingga sekarang menyelimuti langit Papua tak dapat dilupakan dalam benak persejarahan nasional.