Ideologi Transnasional vs Pancasila dalam Kehidupan Berbangsa dan Bernegara

06-05-2017 | 16:39 WIB

Oleh Arif Rahman

CATATAN sejarah bangsa Indonesia menorehkan sejumlah peristiwa konflik tragis berdarah terjadi antar sesama anak bangsa, karena tersulut provokasi ajaran ideologi transnasional yang notabene bertentangan dengan Pancasila. Sejarah mencatat antara lain tahun 1999 terjadi konflik horizontal bernuansa SARA di Ambon dan meluas keseluruh Maluku.

Urgensi Pembubaran HTI dan FPI

05-05-2017 | 19:14 WIB

Oleh Wilnas

KIPRAH FPI kontroversial dengan aksi-aksi sweeping yang berdalih penertiban sosial dengan dibumbui isu agama. Aksi FPI juga sering disertai dengan kekerasan dan bentrokan massa.Salah satu aksi yang memicu perhatian luas adalah penyerangan terhadap Aliansi Kebangsaan untuk Kebebasan Beragama dan Berkeyakinan (AKBB) di Silang Monas pada 1 Juni 2008.

Membaca Hasil Riset Kemandirian

05-05-2017 | 09:02 WIB

Oleh Yudhie Haryono

SALAH satu hasil riset kami tentang prospek dan tantangan kemandirian bangsa adalah: 1) Terjadi konsolidasi keserakahan. 2) Masifikasi kekuasaan. 3) Intensifikasi kekayaan.

Pilkada 2017 Sukses dan Kebanggaan Nasional

04-05-2017 | 09:02 WIB

Oleh Indah Lusita

PADA umumnya, Sikon pasca pelaksanaan Pilkada Serentak 2017 di 101 daerah masih kondusif dan aman termasuk di beberapa daerah yang Paslonnya mengajukan gugatan perselisihan hasil pemilihan (PHP) ke Mahkamah Konstitusi (MK) ataupun menggugat ketidaknetralan lembaga penyelenggara Pilkada di Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP), terutama terkait dengan profesionalitas penyelenggara pemilu.

Memelihara Toleransi di Tengah Masyarakat Majemuk

03-05-2017 | 16:52 WIB

Oleh Wilnas

MERUPAKAN sunnatullah bahwa kita lahir dan hidup di Indonesia, negeri yang kaya dengan ragam dan macam suku bangsa, agama, bahasa, ras, etnis, golongan, budaya dan entah apalagi. Tentunya keragaman itu memiliki berimplikasi positif maupun negatif. Implikasi negatif muncul ketika keberagaman dimaknai sebagai ancaman, bukan tantangan. Sehingga tidak tumbuh sikap saling memahami atas perbedaan tersebut.

Dukung Putusan MK Tentang Perselisihan Pilkada

02-05-2017 | 13:02 WIB

Oleh Septo Indarto

UNDANG-UNDANG Pilkada terbaru telah memberi ruang dan tempat kepada MK (Makhamah Konstitusi) untuk menangani sangketa Pilkada. Pilkada yang diselenggarakan serentak di seluruh Indonesia masih menyimpan persoalan mengenai pemenang yang syah karena dari masing-masing paslon tidak ada yang mau mengalah. Jika hal ini dibiarkan secara terua menerus maka akan tercipta konflik di masyarakat.

Cita-cita Bung Karno di Pabrik Semen Gresik

26-04-2017 | 09:38 WIB

Oleh Sumarjono S.Pd.

Wajah Bung Karno tampak sumringah saat meresmikan pabrik semen di Gresik, Jawa Timur pada 7 Agustus 1957. Semen bukan sekedar soal industri, tetapi juga tiang pancang untuk cita-cita besar Bung Karno: ekonomi berdikari.

Mensyukuri Pilgub Jakarta Putaran Kedua

25-04-2017 | 09:02 WIB

Oleh Ardian Wiwaha

KESERUAN pertandingan el classico antara club asal spanyol Barcelona dan Real Madrid saat ini dirasakan memudar apabila publik Indonesia menyamakan tensi keseruannya dengan perebutkan kursi DKI 1. Setelah perhelatan Pilgub DKI Jakarta putaran pertama telah menyeleksi satu pasangan lain yakni Agus-Sylvi dari partai koalisi Demokrat, akhirnya partai final Pilgub DKI pada 19 April 2017 lalu menyisakan dua pasangan. Yaitu, antara pasangan Gubernur dan Wakil Gubernur Petahana Basuki Tjahya Purnama dan Djarot Saefullah, serta pasangan penantang lain Anies Baswedan dan Sandiaga Uno.