Menangkan Pancasila !!

22-06-2017 | 12:38 WIB

Oleh: Agus Jabo Priyono

Pancasila selain filosofi dan dasar negara, sekaligus bintang arah bagi bangsa dan negara Indonesia. Pada dasarnya nilai-nilai dalam Pancasila yang dicita-citakan oleh para Pendiri Bangsa kita, secara kualitatif, sampai sekarang belumlah terwujud.

Menyoal Hari Lahir Pancasila

20-06-2017 | 09:02 WIB

Oleh Ardian Wiwaha

PANCASILA sebagai landasan filosofis Republik Indonesia secara lugas dan seksama telah menjadi nilai-nilai luhur yang memandu kehidupan berbangsa dan bernegara. Hari lahir Pancasila yang diperingati setiap tanggal 1 Juni, merupakan manifestasi dari keberagaman masyarakat Indonesia.

Garuda yang Rugi dan Mimpi Terbang Tinggi

18-06-2017 | 17:29 WIB

Oleh Edy Mulyadi

"GARUDA INDONESIA Bantah Alami Kebangkrutan." Begitu judul berita satu media on line yang tayang kemarin, Senin, 12 Juni 2017. Bantahan datang langsung dari Dirut PT Garuda Indonesia Tbk Pahala N. Mansury.

Meneropong Eksistensi ISIS di Marawi

17-06-2017 | 09:02 WIB

Oleh Ahmad Sarkawi

KOTA Marawi merupakan ibu kota provinsi Lanao Del Sur di Pulau Mindanao, Filipina. Masyarakat Marawi biasa disebut Maranao dan berbicara dalam bahasa Maranao. Mereka dinamai begitu berdasarkan Danau Lanao, yang mana disebut Ranao dalam bahasa itu, di mana Marawi City terletak di tepi danau itu. Kota ini juga disebut Ibu Kota Musim Panas Selatan karena elevasi yang lebih tinggi dan iklim dingin.

Keutamaan Bulan Suci Ramadhan

16-06-2017 | 09:02 WIB

Oleh Bento Ahmadi

MENELAAH makna dan kelebihan bulan ramadhan, khusus pada bulan ini, amal kebaikan umat Islam akan dibalas dengan berkah pahala yang berlipat ganda, bahkan apabila kita menjalani puasa dengan sempurna, ketika hari lebaran datang, insyallah kita akan bersih dari dosa seperti bayi yang baru lahir kembali.

Mengaborsi Benih Radikalisme dan Terorisme

15-06-2017 | 09:02 WIB

Oleh Dian Setiawan Sadewa

MENELAAH sejarah HTI atau yang dikenal dengan Hizbut Tahrir Indonesia, tidak dapat dilepaskan dari pengaruh Ikhwanul Muslimin yang pusatnya di Ismailiah, Mesir. Organisasi ini berdiri pada tahun 1928, dua tahun setelah Nahdatul Ulama atau NU berdiri.

Pancasila, Pondasi dan Pedoman Bangsa Indonesia

14-06-2017 | 09:02 WIB

Oleh Hilmy Yahya

DEWASA ini banyak sekali kelompok kepentingan yang berupaya menggantikan keberadaan Pancasila sebagai dasar Negara dan landasan kehidupan berbangsa dan bernegara di Indonesia. Timbul sebuah pertanyaan apakah eksistensi ideologi Pancasila sudah tidak relevan dengan perkembangan era globalisasi dan demokratisasi yang nyaris tanpa batas.

Menakar Peran MUI

13-06-2017 | 09:02 WIB

Oleh Bagas Prasetyo

MENELAAH langkah sekaligus tindakan kongkrit Pemerintah Presiden Jokowi terhadap kegaduhan yang terjadi di masyarakat akibat fatwa Majelis Ulama Indonesia atau yang disingkat dengan MUI, terkait larangan pemakaian atribut non Muslim. Pemerintah melalui Menko Polhukam Wiranto, menyatakan bahwa MUI harus melakukan koordinasi dengan Kemenag dan Polri sebelum mengeluarkan fatwa. Koordinasi antara Pemerintah dan MUI harus dilakukan 'agar fatwa yang dikeluarkan bisa menghasilkan kebaikan dan tidak menimbulkan keresahan di masyarakat'.