Mengenal Kembali Pancasila

18-07-2017 | 09:02 WIB

Oleh Ricky Rinaldi

KASUS penodaan terhadap lambang negara Indonesia entah itu bendera hingga dasar negara sekalipun, masih saja terjadi. Seperti halnya Pancasila, tak ayal menjadi salah satu korban atas dugaan pencemaran beberapa pihak. Entah dengan motif atau tujuan apa sehingga kerap kali Pancasila yang telah mendasari berdirinya bangsa dan negara ini secara terus menerus menerima hujaman.

Karakter Propaganda dan Radikalisme Dunia Maya

17-07-2017 | 08:50 WIB

Oleh Bento Ahmadi

BERDASARKAN Data Pusat Media Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) yang tidak dipublikasi, situs dan akun media sosial radikal melakukan sejumlah upaya untuk melancarkan bentuk propaganda kelompok mereka.

Perppu dan Demokrasi

15-07-2017 | 09:02 WIB

Oleh Hendra Budiman

BEBERAPA kalangan bilang, Perppu 2/2017 melanggar HAM dan demokrasi. Saya gagal paham atas penyataan ini. Bagaimana tidak, ketika seseorang menyatakan pendapat itu, bukankah dia sudah menggunakan haknya: hak menyatakan pendapat. Hak yang dijamin konstitusi dalam negara yang mengakui HAM dan demokrasi.

Pemindahan Ibu Kota, Serius atau Tidak?

14-07-2017 | 10:02 WIB

Oleh Ardi Winangun

Isu atau usul pemindahan ibu kota Indonesia ke daerah lain, biasanya muncul ketika Jakarta dilanda banjir besar, seperti beberapa tahun lalu ketika banyak tempat di wilayah Jakarta digenangi air selama beberapa hari. Akibat yang demikian membuat Jakarta lumpuh sehingga berdampak pada perputaran ekonomi dan kegiatan lainnya yang sifatnya merugikan semuanya.

Fungsi Internet di Tangan Teroris

14-07-2017 | 09:02 WIB

Oleh: Ardian Wiwaha

MASIH lemahnya upaya kontrol dan pengawasan secara masif dan komprehensif dari pemerintah terkait tindak terorrisme di internet, seringkali dimanfaatkan oleh beberapa kelompok radikal dan ekstrimis tidak hanya pada sarana prasarana propaganda.

Memahami Filosofi Pancasila

13-07-2017 | 09:02 WIB

Oleh: Ricky Rinaldi

PANCASILA sebagai dasar filsafat negara serta filsafat hidup bangsa Indonesia, pada hakekatnya merupakan suatu nilai dasar yang bersifat fundamental, sistematis, dan holistik. Sila per sila yang tersusun adalah satu kesatuan yang bulat, utuh, dan hirarkis, sehingga dapat diartikan sebagai suatu sistem filsafat.

Deradikalisasi Dunia Maya

12-07-2017 | 09:02 WIB

Oleh Ardian Wiwaha

HARUS diakui bahwa deradikalisasi dunia maya atau yang dikenal dengan online deradicalization merupakan istilah, kajian, dan wacana baru dan belum banyak pakar dan berbagai macam bentuk peneliti menggeluti bidang tersebut.

Lebaran Ini, Aku Pulang!

25-06-2017 | 09:30 WIB

Oleh Natalius Pigai

JARUM jam bergerak ibarat jugernut yang melintasi jalan bebas hambatan, detak jantung di dada umat muslim menanti hari kemenangan tiba.