Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

DPRD Tanjungpinang Minta Transparan, Ini Jawaban Lis Darmansyah
Oleh : Habibie Khasim
Selasa | 24-10-2017 | 10:14 WIB
Lis-Darmansyah1.gif Honda-Batam

PKP Developer

Wali Kota Tanjungpinang, Lis Darmansyah (Foto: Habibie Khasim)

BATAMTODAY.COM, Tanjungpinang - Dalam rapat Paripurna yang digelar DPRD Tanjungpinang, Senin (34/10/2017), Fraksi Golkar menyinggung tentang Pemerintahan Kota Tanjungpinang yang kurang transparan terkait anggaran masuk dari Pemerintah Pusat.

Hal itu dinyatakan secara blak-blakan oleh Anggota DPRD Tanjungpinang, Simon Awantoko, yang merupakan sekretaris fraksi. Menjawab hal tersebut, Wali Kota Tanjungpinang, Lis Darmansyah mengatakan bahwa dia telah transparan, termasuk jajaran OPD-nya.

Lis memastikan, satuannya telah bekerja sesuai koridor transparansi yang diwajibkan kepada aparat pemerintah. Menurut dia, jika ada perubahan dalam struktur anggaran, Pemko hanya perlu menginformasikan saja, tidak perlu adanya pembahasan yang signifikan.

"Kita dalam tiap terjadinya perubahan anggaran, cukup menginformasikan melalui pemberitahuan. Tak sampai membahas yang bagaimana-bagaimana. Dalam melaksanakan kebijakan harusnya kita juga jemput bola," tutur Lis.

Lis mengatakan, jika memang DPRD menginginkan transparansi versi mereka, harusnya ada sebuah sinergitss antar kedua belah pihak. Sehingga DPRD dalam menjalankan fungsi budgeting, dapat memanggil Pemko untuk meminta kejelasan.

"Bisa mungkin melalui rapat kerja atau forum sejenis lainnya. Ini agar mereka mendapatkan informasi pendanaan dan menjalankan fungsi pengawasan. Jadi harus sinergi dan jemput bola, karena secara garis besar kota telah mengeluarkan pemberitahuan jika ada perubahan," kata Lis.

Editor: Udin