Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Lanal Batam Gelar Aksi Bersih-bersih di Pantai Kampung Melayu
Oleh : Romi Chandra
Minggu | 22-10-2017 | 13:00 WIB
lanal_batam_bersih.gif Honda-Batam
Lanal Batam melakukan aksi bersih-bersih pantai di Kampung Melayu, Batu Besar, Nongsa dengan dibantu beberapa intansi (Foto: Lanal Batam)

BATAMTODAY.COM, Batam - Pangkalan TNI Angkatan Laut (Lanal) Batam menggelar aksi bersih-bersih di pantai Kampung Melayu, Kelurahan Batubesar, Kecamatan Nongsa, Kota Batam, Sabtu (21/10/2017) kemarin.

Melalui rilisnya, Komandan Lanal Batam, Kolonel Laut (P) Ivong Eicaksono Wibowo, mengatakan, aksi bersih sampah kali ini merupakan kerja sama antara Dinas Lingkungan Hidup Kota Batam, Dinas Perikanan Kota Batam bersama Pangkalan TNI AL Batam yang melibatkan instansi terkait.

Antara lain Koramil Nongsa, Polsek Nongsa, Polair Polda Kepri, Satpol PP kota Batam, siswa-siswi Sekolah Dasar di Kelurahan Batu Besar. Selain itu, tidak ketinggalan juga siswa-siswi Saka Bahari binaan Lanal Batam, dan masyarakat Kampung Melayu, Nongsa, kota Batam.

"Kegiatan bersih-bersih pantai kali ini merupakan program dari TNI AL dengan penyelenggaraanya bekerjasama dengan Dinas Lingkungan Hidup kota Batam. Dengan harapan, kedepannya dapat dilaksanakan secara rutin sehingga kebersihan disepanjang pantai di sekitar Batam akan dapat terjaga dan terpelihara," ungkap Ivong, Minggu (22/10/2017).

Lebih lanjut disampaikan, bahwa wilayah pantai di Batam sudah menjadi langganan terdamparnya limbah dari kapal-kapal yang melintas. Sehingga, mengakibatkan terjadinya pencemaran lingkungan dari limbah B3 setiap tahunnya.

"Terutama kondisi tersebut terjadi pada saat musim utara dan timur. Upaya ini, semoga bisa menimbulkan rasa cinta lingkungan di dalam masyarakat sekitar," lanjutnya.

Sedangkan sebagai ketua pelaksana penyelenggaraan kegiatan bersih pantai adalah Mayor Laut (PM) Syarifuddin, S.Ag, SH., yang sehari-hari menjabat sebagai Paspotmar Lanal Batam.

Hadir dalam kegiatan antara lain Komandan Lanal Batam Kolonel Laut (P) Ivong Wicaksono Wibowo, Ketua Jalasenastri Cabang 5 Korcab IV DJAB Ny Herlina Ivong beserta pengurus Jalasenastri Lanal Batam, Pjs. Palaksa Lanal Batam, Perwira Staf Lanal Batam, Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan Kota Batam Dendi Purnomo, Dinas Perikanan kota Batam, Danramil Nongsa, Kapolsek Nongsa, Camat Kecamatan Nongsa, serta Prajurit Lanal Batam.

Editor: Surya