Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Sekda Tekankan Evaluasi OPD Kepri Rutin Dilakukan
Oleh : Ismail
Jumat | 20-10-2017 | 19:50 WIB
Sekda-Kepri,-TS-Arif-Fadillah-728x3491.gif Honda-Batam

PKP Developer

Sekda) Provinsi Kepulauan Riau, TS Arif Fadillah (Foto: dok.batamtoday.com)

BATAMTODAY.COM, Tanjungpinang - Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Kepulauan Riau, TS Arif Fadillah, menekankan evaluasi kinerja terhadap para Kepala Organisasi Perangkat daerah (OPD) rutin dilaksanakan. Bahkan, hasil penilaian tersebut telah dihimpun dalam buku kinerja yang kemudian akan dilaporkan kepada Gubernur.

Pernyataan Sekda tersebut menyusul permintaah Ketua Komisi I DPRD Kepri yang meminta Gubenur dan Sekda mengevaluasi kinerja para Kepala OPD. Bahkan, mengharapkan Gubernur merotasi para Kepala OPD yang dinilai kurang berhasil menjalankan program dengan maksimal.

"Jadi masukan itu boleh-boleh saja, tetapi kebijakan tetap ada di kepala daerah," ujar Sekda, Jumat (20/10/2017).

Ia juga menambahkan, selama ini dirinya secara rutin melakukan penilaian untuk seluruh kinerja kepala OPD di Pemprov Kepri. Hal tersebut, tampak dari gelaran rapat evaluasi para Kepala OPD setiap Senin. Di mana, dalam rapat evaluasi tersebut, kepala OPD diminta melaporkan progres pelaksanaan program yang sudah dilaksanakan.

Hasil dari rekapan penilaian itulah, lanjut Sekda, akan terlihat para Kepala OPD yang telah melakukan kinerja dengan baik dan optimal melaksanakan program.

"Buku kinerja itu yang pegang Pak Gubernur dan Sekda. Nanti hasil penilaian saya dan Pak Gubernur akan disatukan. Di situlah yang nanti jadi bahan pertimbangan Gubernur untuk melakukan evaluasi," sebutnya.

Sebelumnya, Ketua Komisi I Dewan DPRD Provinsi Kepri, Abdurrahman, mendorong Gubernur Provinsi Kepri Nurdin Basirun untuk segera melakukan evaluasi Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Pemprov Kepri.

Selain itu, Komisi I DPRD Provinsi Kepri juga meminta kepada Gubernur untuk tidak tebang pilih dalam mengevaluasi kinerja kepala OPD.

"Idealnya evaluasi itu setiap tahun. Dari evaluasi itulah nanti bisa dilihat kapasitas masing-masing kepala OPD," ujarnya belum lama ini.

Editor: Udin