Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Jadi Tuan Rumah

Wabup Lingga Bersama Stakeholder Gelar Rapat Persiapan MTQ Provinsi 2018
Oleh : Bayu Yiyandi
Kamis | 19-10-2017 | 19:03 WIB
persiapan-MTQ-Lingga.gif Honda-Batam
Wakil Bupati Lingga, Muhammad Nizar, bersama dengan beberapa stakholder terkait menggelar rapat persiapan perhelatan MTQ tingkat Provinsi VI (Foto: Bayu Yiyandi)

BATAMTODAY.COM, Daiklingga - Wakil Bupati Lingga, Muhammad Nizar, bersama dengan beberapa stakholder terkait menggelar rapat persiapan perhelatan MTQ tingkat Provinsi VI di aula Kantor Bupati Lingga, Kamis (19/10/2017).

Rapat tersebut digelar karena Lingga ditunjuk sebagai tuan rumah pada kegiatan yang rencananya akan dihelat pada akhir bulan April atau pertengahan Mei tahun 2018 nanti.

"Astaka utama dan pusat lomba nantinya di Singkep Pesisir. Tapi kita minta sebagian cabang lomba digelar di Daik. Seperti Khattil Quran dan Musabaqah Makalah Ilmiah Quran bisa dilaksanakan di Daik," kata Muhammad Nizar kepada BATAMTODAY.COM disela rapat tersebut,

Ia menjelaskan, persiapan Astaka di Singkep pesisir saat ini sudah mulai berjalan. Begitu juga untuk persiapan lainnya yang mulai disiapkan oleh Pemerintah Provinsi Kepri di Kabupaten Lingga untuk menyambut even dua tahunan itu.

"Kegiatan ini nantinya akan melibatkan beberapa Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait. Seperti untuk transportasi akan diurus langsung oleh Dinas Perhubungan, baik itu transportasi darat maupun laut, untuk kafilah hingga yang datang nanti," kata Nizar.

Pada malam Ta'ruf nanti Pemerintah Kabupaten Lingga juga dikatakannya sudah mempersiapkan berbagai tampilan ciri khas Bunda Tanah Melayu yang nantinya akan menjadi tanggung jawab Dinas Kebudayaan Kabupaten Lingga.

"Nanti kita minta dinas kebudayaan susun dan perhatikan betul detail kegiatannya," ucapnya.

Melihat potensi lokasi Astaka yang berada di perbatasan Desa Sedamai dan Desa Lanjut yang berdekatan dengan pantai, Wakil Bupati Lingga juga meminta agar ada kegiatan selingan refresing untuk para kafilah.



"Di depan Astaka utama itu kan ada pantai yang bersih dan cantik. Kita ingin dirancang kegiatan yang menarik untuk penyegaran para kafilah. Misalnya tarik tambang atau permainan rakyat untuk lebih meningkatkan rasa keakraban sesama kafilah," tambahnya.

Hadir dalam kegiatan rapat tersebut perwakilan dari Bagian Kesra Pemerintah Provinsi Kepri, Mahadi Rahman, yang mengatakan bahwa kegiatan ini nantinya akan dikemas dengan baik sehingga tidak ada benturan antara satu kegiatan dengan kegiatan lainnya. Gubernur juga meminta agar kegiatan tersebut berjalan sukses, sehingga dibutuhkan kerja sama semua pihak.

"Pesan Gubernur, pelaksanaan MTQ ini tidak memberatkan Kabupaten Lingga sebagai tuan rumah. Harapan kita, pelaksanaan MTQ VII di Lingga bisa berjalan sukses," tutur Mahadi.

Dirinya juga menyampaikan akan ada beberapa tambahan cabang kegiatan lomba pada MTQ tahun 2018 ini. "Kita lagi menunggu keputusan dari LPTQ Pusat, mungkin akan ada tambahan cabang lomba," sebutnya

Editor: Udin