Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

PT ASL Shipyard Rawan Curanmor, Sebulan 5 Motor Karyawan Lesap
Oleh : Yosri Nofriadi
Rabu | 18-10-2017 | 16:02 WIB
Parkir-motor-Galangan1.gif Honda-Batam

PKP Developer

Pekerja PT ASL Shipyard terpaksa pakir kendaraan di luar kawasan perusahaan. (Foto: Yosri)

BATAMTODAY.COM, Batam - Pekerja galangan kapal yang bekerja di PT ASL Shipyard, Tanjunguncang, Kecamatan Batuaji, Batam, mengeluhkan minimnya perhatian pihak perusahaan terhadap fasilitas parkir kendaraan pekerja.

Pantauan di lokasi, perusahaan galangan kapal itu tidak menyediakan tempat parkir khusus kendaraan pekerja. Kendaraan dibiarkan parkir begitu saja di depan perusahaan sehingga rawan dicuri. Lokasi parkir yang berada persis di pinggir jalan raya Brigjen Katamso tersebut jauh dari pantauan petugas keamanan perusahaan, mempermudah pelaku pencurian kendaraan sepeda motor menjalankan aksi mereka.

"Sudah sering kemalingan sepeda motor disini. Sebulan ini saja sudah sekitar lima motor yang hilang. Ya gimana enggak hilang parkirnya di pinggir jalan," ujar Marlik, seorang pekerja, Rabu (18/10/2017).

Kendaraan pekerja tidak diperbolehkan masuk ke dalam perusahaan dengan alasan untuk kelancaran aktifitas perusahaan. Pihak perusahaan juga tidak menyediakan lokasi parkir khusus yang aman bagi pekerja sehingga pekerja parkir begitu saja kendaraan mereka di bagian luar depan perusahaan.

"Hanya kendaraan-kendaraan tertentu saja boleh masuk ke dalam. Kami pekerja tak bisa parkir di dalam," ujarnya.

Pihak PT ASL sendiri saat dicoba konfirmasi enggan memberikan tanggapan. Bahkan petugas keamanan di depan perusahaan juga enggan memberi komentar terkait keluhan karyawan itu. "Dari dulu sudah begini aturannya," ujar seorang petugas yang tak mau menyebutkan namanya.

Menanggapi keluhan itu, Polsek Batuaji hanya bisa menghimbau agar pihak perusahaan memperhatikan fasilitas parkir kendaraan karyawan. Jika memang kendaraan pekerja diharuskan parkir di luar setidaknya ada pengawasan dari pihak perusahaan melalui sekuriti perusahaan.

"Kami sifatnya menghimbau untuk mencegah terjadinya tindak pidana pencurian. Selama ini memang sering terjadi pencurian kendaraan sepeda motor di lokasi perusahaan, makanya ini jadi tanggung jawab pihak perusahaan juga. Kami akan koordinasi lagi agar ada jaminan keamanan kepada pekerja," ujar Kapolsek Batuaji, Kompol Sujoko.

Editor: Yudha