Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Ini Manfaat Jus Bayam untuk Kesehatan
Oleh : Redaksi
Selasa | 17-10-2017 | 11:38 WIB
jus-bayam-00.jpg Honda-Batam

PKP Developer

Ilustrasi jus bayam.

BATAMTODAY.COM, Batam - Sayur bayam terkenal berkat khasiatnya yang kaya akan zat besi. Setidaknya itu yang melekat di ingatan ketika bayam menjadi santapan pilihan Popeye, yang membuatnya seketika menjadi lebih kuat.

Memiliki nama latin Amaranthus, bayam ternyata tidak hanya kaya akan zat besi. Di dalamnya juga terkandung karoten, asam amino, iodin, potasium dan magnesium, vitamin A,C,K,E, dan B kompleks.

Namun, selain menyantapnya dalam keadaan mentah, bayam juga bisa dibuat jus. Manfaatnya tidak hanya membuat tubuh menjadi lebih kuat, dan berstamina, tetapi juga berguna buat kulit dan rambut. Mengutip dari berbagai sumber, berikut manfaat jus bayam bagi tubuh:

1. Ampuh lawan penyakit

Rutin mengonsumsi jus bayam membuat tubuh tak gampang sakit. Bayam yang kaya akan nutrisi akan membantu pembentukan sel darah merah sehingga tubuh tidak akan terkena anemia. Selain membantu mengatur kadar alkali atau basa dalam tubuh, kandungan alkaline dalam bayam juga mampu mengobati radang sendi. Vitamin C pada bayam juga membantu penyembuhan penyakit gusi berdarah.

Bayam juga mengandung klorofil dan flavonoid yang membantu tubuh melawan sel kanker. Sebuah penelitian menunjukkan bayam mampu menurunkan risiko kanker hingga 34 persen terutama pada kanker payudara, kanker rahim, kanker prostat, kanker kulit, dan kanker perut.

Secangkir daun bayam segar dapat memenuhi hingga 200 persen kebutuhan harian vitamin K. Vitamin K penting untuk pencegahan tulang keropos. Selain itu terdapat mineral seperti magnesium, seng, tembaga, dan fosfor yang membantu penguatan tulang sehingga bisa terhindar dari osteoporosis.

2. Menjaga kulit tetap sehat

Seiring pertambahan usia, kulit akan kehilangan kelembaban, kelembutan serta kilaunya. Kemudian muncul kerutan dan bintik hitam. Banyak cara bisa dilakukan dengan menggunakan produk kecantikan atau mencoba terapi estetika yang biayanya tak sedikit. Padahal, hanya dengan segelas jus bayam setiap hari, kulit bisa tetap sehat tanpa perlu biaya besar.

Bayam tinggi akan antioksidan sehingga membuat kulit kenyal dan terhidrasi dengan baik. Antioksidan inilah yang akan melawan radikal bebas dan membuat kulit sehat serta bercahaya.

3. Membuat rambut kuat, tak mudah patah

Rambut adalah mahkota tubuh baik bagi pria maupun wanita. Masalah pada rambut, seperti kulit kepala gatal dan rambut rontok bakal mengganggu penampilan dan menimbulkan rasa tidak percaya diri. Daripada menggunakan aneka produk perawatan rambut seperti masker atau tonik rambut, cukup mengonsumsi jus bayam setiap hari. Bayam, yang kaya akan vitamin B kompleks, mampu menstimulasi pertumbuhan rambut dan membuatnya tetap kuat.

Sumber: CNN Indonesia
Editor: Gokli